-->

Cara Mencegah Kanker dari Kantor

Cara Mencegah Kanker dari Kantor - Di Indonesia saat ini, penyakit yang dijuluki "Emperor of All Maladies" oleh penulis Siddharta Mukherjee tersebut muncul sebanyak 200.000 kasus per tahun. Satu poin terpenting yang harus Anda perhatikan adalah saat ini, pencegahan masih merupakan satu-satunya obat untuk kanker.


American Institute for Cancer Research (AICR) telah mengeluarkan hasil penelitian terbaru, yang akan mengubah pola pikir kita mengenai pencegahan kanker selamanya. Dengan kampanye yang dijuluki Make Time + Break Time = Cancer Protection, AICR memaparkan fakta bahwa orang yang rajin berolahraga tiap pagi sekalipun tidak lolos dari cengkeraman kanker.

Inilah penjelasan mengapa orang-orang yang secara teratur aktif berolahraga tidak lolos dari resiko kanker, menurut jubir AICR Alice Bencer, MS RD:

"Orang yang bangun pagi dan berolahraga di treadmill selama 30 menit mungkin sudah merasa puas dan cukup. benar, dia telah mengurangi resiko kanker selama 30 menit. Tetapi apa yang terjadi selama 15 jam 30 menit berikutnya?
Duduk. Duduk di kendaraan, di kantor, lalu di rumah,"
ujarnya.

"Jadi, orang ini, yang memenuhi kriteria umum 'rajin berolahraga', sebenarnya hanya aktif selama 3% dari hari kerjanya."
Lantas, bagaimana hal ini terkait dengan kanker?

"Duduk dalam durasi waktu yang panjang kini muncul sebagai kandidat kuat pemicu resiko kanker," ujar dr. Neville Owen, kepala Behavioral Epidemiology di Baker IDI Heart and Diabetes Institute.

"Tampaknya, semakin lama Anda duduk, semakin besar resiko Anda terkena kanker. Fenomena ini berlaku untuk semoa orang, tanpa memperdulikan berat badan maupun aktivitas olahraga yang dijalani."

Dr. Owen memaparkan hasil penelitiannya yang menunjukkan bahwa manusia dewasa ternyata menghabiskan mayoritas harinya dalam posisi duduk. Dalam proses penelitiannya tersebut, mereka mengukur lingkar pinggang, kadar resistensi insulin dan inflamasi.

Ketiga indikator tersebut merupakan indikator umum resiko kanker yang sudah menjadi patokan dalam studi-studi korelasi antara aktivitas fisik dan kanker.

Ternyata, penelitian menunjukkan peningkatan signifikan terjadi pada faktor tersebut jika individu banyak menghabiskan harinya dalam kondisi duduk pasif.

Tenang, Best Life tidak menyarankan Anda untuk menghabiskan hidup mengelilingi jogging track. Jeda sekitar satu menit saja sudah cukup untuk mengurangi resiko kanker akibat duduk terlalu lama. Jangan pernah meremehkan kekuatan jeda kecil tersebut. AICR menyatakan bahwa 49.000 kasus kanker payudara dan kasus 43.000 kasus kanker usus besar yang menimpa Amerika setiap tahun diakibatkan oleh kurangnya aktivitas fisik.


Jangan biarkan dinding kantor menghalangi ruang gerak Anda. Cegah kanker saat Anda berada di kantor, mulai dari hal-hal sederhana seperti berikut ini :
  1. Terbiasa minta office boy untuk membuatkan kopi atau membelikan makan? Kini, bangun dan lakukan sendiri!
  2. Perlu berkoordinasi dengan rekan kerja? Tutup layar email dan YM Anda, bergeraklah ke ruangannya untuk bicara langsung.
  3. Pasanglah timer di komputer untuk meningkatkan Anda berjalan-jalan ringan di setiap satu jam sekali.
  4. Lakukan konferensi gaya baru : berdiskusi atau brainstroming sambil berjalan kaki bersama rekan. Inovatif!
  5. Simpan barbel kecil di kantor, dan sibukkan tangan Anda selama membaca e-mail atau melakukan kontak telepon.
  6. Menerima telepon panjang dari klien yang cerewet? Berdirilah dan berjalan keliling ruangan sambil menelpon.
  7. Manfaatkan dinding kubikel putih kapur yang selama ini menjemukan hidup Anda. Lakukan stretch-ing, push-up vertikal dan gerakan pengangkatan kaki di sana.
  8. Untuk aktivitas fisik yang lebih intens, usulkan pada atasan Anda untuk memasang kantung tinju di ruang istirahat.
Dengan penjelasan singkat dan beberapa tips singkat tentang Cara Mencegah Kanker dari Kantor, semoga artikel ini dapat menginspirasi para pekerja kantoran untuk mengubah pola hidupnya yang semula pasif, menjadi lebih aktif dalam hal tetap menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mencegah Kanker dari Kantor"

Post a Comment

Mohon berkomentar yang sesuai dengan pembahasan artikel. Jangan gunakan link aktif, dilarang promosi/spam gak jelas!
Komentar kamu bakal dimoderasi sebelum diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel