-->

7 Hewan Langka Terdampar Di Dunia

Pada tahun 2012, di Indonesia dihebohkan dengan penemuan seekor paus hitam di perairan Karawang. Tak hanya paus hitam yang langka tersebut ditemukan di sebuah perairan yang dangkal, namun beberapa hewan yang aneh dan langka lainnya telah tergeletak tak bernyawa di padang rumput, bahkan di bawah jembatan. Berikut ini merupakan rangkuman dari kejadian-kejadian aneh tersebut, yakni 7 Hewan Langka Terdampar Di Dunia.

Paus di Inggris

Seekor paus yang terdampar di Inggris pada akhir September 2011. Menariknya, paus ini terdampar di padang rumput, sehingga membuat para ahli kebingungan. Para ahli meyakini bahwa paus tersebut tersesat melintasi sungai kecil dan terperangkap hingga tak dapat kembali ke lautan.


Anehnya lagi bahwa jarak dari garis pantai di tempat matinya paus ini jaraknya cukup jauh, sekitar 732 meter. Dalam kurun waktu 21 tahun terakhir ini, tercatat sudah ada 3 (tiga) spesies paus yang terdampar di perairan Inggris. Diketahui juga bahwa paus itu berada di sungai yang dangkal yang kedalamannya hanya sekitar 1,2 meter hingga 1,6 meter.

2. Lumba-Lumba di Amerika Serikat

Di awal tahun 2012, tepatnya pada tanggal 17 Januari 2012 di pantai yang terletak di wilayah selatan kota Boston, Amerika Serikat, telah ditemukan sekitar 50 lumba-lumba terdampar. Walau bukan hewan langka, namun jumlah yang banyak itu merupakan kejadian yang jarang terjadi di perairan tersebut, hingga hanya 27 ekor yang berhasil diselamatkan.


Tim penyelamat lumba-lumba itu pun belum mengetahui apa penyebab terdamparnya hewan-hewan pintar tersebut. Kemungkinan penyebabnya dikarenakan lumba-lumba tersebut mendekati pantai untuk mencari makanan, atau salah satu lumba-lumba yang terluka atau sakit, sehingga sekawanan lumba-lumba yang menjadi kelompoknya akan setia menemani temannya yang sedang mengalami kesakitan.

Kemungkinan lain, penyebabnya dikarenakan kebisingan di bawah laut yang berasal dari radiasi gelombang kapal yang lalu-lalang. Maka dari itu, pendengaran hewan-hewan ini menjadi terganggu, kehilangan arah dan akhirnya terdampar di perairan dangkal.


3. Stargeon di California

Sekitar pada bulan Maret 2012 ditemukan sebentuk makhluk aneh terdampar di pinggir pantai Folly di Carolina selatan.


Menurut dokter hewan dari aquarium Carolina Selatan mengidentifikasi makhluk tersebut sebagai Stargeon, yakni semacam ikan purba yang terlihat sangat asing pada era masa kini. Ukuran Stargeon diperkirakan bisa mencapai 4,5 meter, dengan bobot mencapai 368,8 kg. Stargeon masuk dalam daftar spesies yang hampir punah, lantaran telurnya menjadi buruan banyak orang.

4. Monster Manhattan di New York

Temuan bangkai binatang aneh yang dijuluki Monster Manhattan telah terdampar di bawah jembatan Brooklyn, New York, terus menjadi perbincangan hangat perihal jenis apakah hewan yang ditemukan oleh seorang fotografer.


Ada 5 jari pada setiap kakinya, pada kaki belakang mirip dengan telapak kaki bayi. Beberapa ahli menyimpulkan bahwa hewan ini mirip tikus atau rakun.

Tetapi, ukuran tubuhnya sebesar anjing atau sejenisnya. Ada pula yang menganggap bahwa hewan itu adalah anjing kecil yang membengkak karena membusuk di sungai. Dari semua spekulasi yang ada, tetapi yang pasti rahang atas yang hilang itu membuat para ahli kesulitan dalam mengidentifikasinya, dan gigi taring yang berada di rahang bawah pun cukup membingungkan.

5. Monster Montauk di Kanada

Pada bulan Mei 2010 lalu, para penduduk lokal di kota kecil Kanada, dihebohkan dengan sebuah bangkai makhluk aneh yang ditarik oleh seekor anjing dari danau setempat. Makhluk ini disebut sebagai Monster Montauk, yang memiliki bulu lebat dan panjang. Namun, di bagian kepala, kaki dan wajahnya tidak memiliki bulu, serta memiliki ekor seperti tikus yang panjangnya sekitar 30 cm.
 

Ada banyak spekulasi yang beredar mengenai identitas makhluk aneh ini yang sebenarnya. Tubuh makhluk itu terlihat seperti seekor berang-berang, sementara di bagian mulutnya memiliki taring panjang yang mirip dengan babi hutan.

6. Kepiting Muda di Hawaii

Pada Juli 2012 lalu di pantai Hawaii, ditemukan jutaan binatang aneh yang sangat mirip dengan kepiting muda yang berwarna coklat dengan bintik-bintik merah di atas tubuhnya.


Binatang-binatang itu diduga tak mampu menyelam, karena disela cangkangnya yang belum sempurna itu terdapat gelembung udara. Sejumlah ahli dari Waikiki Aquarium menduga bahwa makhluk langka tersebut merupakan anak kepiting yang sedang bertumbuh, dimana calon kepiting-kepiting tersebut mampu tumbuh sepanjang 7 inchi jika mereka tumbuh menjadi kepiting dewasa nantinya.

7. Paus Hitam di Indonesia

Seekor paus terdampar di perairan Indonesia, tepatnya di ujung Beting, Muara Gembong, Bekasi. Paus tersebut telah ditemukan dalam keadaan mati, yang terdampar di perairan wilayah utara Karawang, tepatnya di Pantai Wisata Tanjung Pakis di desa Pakis Jaya.


Ujung Beting di Muara Gembong, Bekasi, adalah lokasi yang jaraknya tidak terlalu jauh dari desa Tanjung Pakis di Karawang, tempat dimana paus tersebut yang terdampar sudah sempat dievakuasi oleh relawan gabungan yang dibantu oleh Pasukan Katak dari Batalion 812 Kopasus Sat 181.

Paus tersebut memiliki ukuran panjang mencapai 12 meter, dengan bobot mencapai 2,5 ton tersebut diduga tengah migrasi dari Australia, Samudra Hindia, Timor naik ke Bali, hingga ke Sulawesi.

6 Responses to "7 Hewan Langka Terdampar Di Dunia"

  1. wah, unik-unik sekali hewannya, tapi ada yang seram juga. tapi jika hewan itu tidak mati dan ditemukan keberadaanya bisa lebih di lestarikan.
    http://nitanop.student.ipb.ac.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. tepat sekali .. hanya hewan yang imut² aja yang dilestarikan, yang seram² biarkan saja :D hehehe

      Delete
    2. Jangan gitu donk semua makluk memiliki hak untuk hidup.itu sama aja org jelek di biarin mati..tapi serem jga ya kalo yg no:4 jadi banyak

      Delete
  2. waah sangat sayang sekali dengan menurunnya populasi hewan" yang di atas jadi semakin sedikit kalau sering terjadi seperti itu dan mati pula ya dia? kasihan
    rumah dijual
    rumah
    perumahan baru
    rumah disewa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan. tapi doakan saja kejadian di atas tidak sering-sering terjadi :)

      Delete
  3. itu yang terakhir bukan hiu paus ya ?

    ReplyDelete

Mohon berkomentar yang sesuai dengan pembahasan artikel. Jangan gunakan link aktif, dilarang promosi/spam gak jelas!
Komentar kamu bakal dimoderasi sebelum diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel