-->

Cara Bercukur yang Baik dan Benar

Cara Bercukur yang Baik dan Benar - Agar Anda menjadi ahli dalam urusan cukur-mencukur, berikut ini saya akan memberikan beberapa tips dan aturannya dalam mencukur, mulai dari produknya hingga trik terbaik untuk aktivitas ini.

# Persiapan

Berbagai kotoran dan minyak yang melekat pada kulit rambut-rambut di wajah Anda (kumis dan jenggot) bisa mengganggu efektivitas alat cukur yang Anda gunakan. Gunakan pre-shave untuk membantu kelancaran proses bercukur. Jika kulit Anda kehabisan pre-shave, usahakan kulit Anda dalam keadaan basah, atau gunakan busa sabun.

Caranya: Buat busa yang tebal dalam suatu wadah dengan menggunakan sabun khusus wajah. Setelah membasuh kulit dengan air hangat, usapkan busa tersebut dengan kuas krim cukur dalam gerakan memutar hingga memenuhi seluruh area yang ingin Anda cukur. Selanjutnya, silahkan bercukur.

# Waktu yang Pas

Saat terbaik untuk bercukur adalah pagi hari. Suhu tubuh yang masih hangat akan membuat pori-pori Anda dapat terbuka dengan mudah. Dan ini akan mempermudah proses bercukur dengan resiko iritasi rendah.

Sedangkan saat terburuk untuk bercukur adalah sebelum olahraga. Karena saat berolahraga, tubuh Anda akan mengeluarkan keringat. Hal ini akan membuat kulit Anda yang baru saja menjalani proses bercukur mengalami iritasi. Bahkan jika Anda telah menggunakan aftershave.

# Pilih Produk yang Tepat

Kenali dengan baik kelebihan dan kekurangan produk yang akan Anda gunakan. Alat cukur manual memang bekerja lebih lambat, namun dapat memberikan hasil pencukuran yang nyaris hampir sempurna, serta mudah dibawa bepergian. Sementara itu, dengan alat cukur elektrik, ada kemungkinan Anda akan berhadapan dengan masalah baterai  yang habis, atau listrik mati. Padahal, alat cukur manual, selain biasanya dilengkapi dengan lapisan pelindung yang akan meminimalkan resiko iritasi pada kulit.

Di samping memperlihatkan alat cukur, perhatikan juga produk pendukungnya. Pilihlah yang paling cocok di kulit Anda, baik itu shaving cream, gel, balm (salep), atau shaving oil. Beberapa produsen produk perawatan untuk pria bahkan menciptakan pre-shave hingga after shave yang disesuaikan dengan alat cukur, baik berupa alat cukur manual maupun elektrik.

# Rawat Perlengkapan Cukur

Jangan hanya menggunakan, tapi rawatlah dengan baik perlengkapan bercukur Anda. Jika Anda pengguna alat cukur elektrik, perhatikan kondisi baterai maupun adaptornya. Jika Anda pengguna alat cukur manual, gantilah kepala alat cukur secara berkala.

Selain untuk menjaga efektivitas alat cukur, hal ini akan meminimalkan resiko berkumpulnya kuman pada alat cukur.

# Manuverkan Tangan

Jangan hanya mengandalkan alat cukur Anda. Gunakan juga tangan Anda untuk merenggangkan kulit wajah. Hal ini akan membuat alat cukur Anda dapat bekerja maksimal karena jenggot Anda akan lebih mudah terangkat.

0 Response to "Cara Bercukur yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Mohon berkomentar yang sesuai dengan pembahasan artikel. Jangan gunakan link aktif, dilarang promosi/spam gak jelas!
Komentar kamu bakal dimoderasi sebelum diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel