-->

7 Ruang Bawah Tanah Menakjubkan Di Dunia

Jika anda menyaksikan ruang-ruang bawah tanah berikut ini, Anda mungkin tidak menyangka bahwa di beberapa negara di dunia terdapat ruang-ruang bawah tanah yang begitu menakjubkan dan unik. Karena ruang-ruang bawah tanah itu ternyata ada yang menjadi sebuah kota, menjadi restoran, hingga ada yang menjadi tempat peristirahatan bagi ribuan mumi. Dan kini, kebanyakan ruang-ruang bawah tanah tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Berikut ini adalah kisah 7 Ruang Bawah Tanah Menakjubkan Di Dunia.

1. Restoran Bawah Laut di Maladewa

Ruang pertama bawah tanah menakjubkan di dunia adalah sebuah restoran di Rangali Island, Maladewa. Di negara terkecil di benua Asia ini terdapat sebuah restoran bawah laut pertama di dunia yang semuanya terbuat dari kaca.

Ciri khas restoran ini adalah dindingnya yang terbuat dari akrilik melengkung, dengan atap setebal 125 mm. Terdapat 5 lengkungan akrilik yang melekat satu sama lain dengan struktur silikon khusus yang dibuat di Singapura. Pembangunan ruang bawah tanah yang memakan biaya sekitar 5,3 Juta Dolar atau setara dengan 45 miliar Rupiah saat itu, berada sekitar 4,8 meter di bawah permukaan air laut. Dan jika sedang berada di restoran tersebut, pengunjung dapat menikmati keindahan Samudera Hindia yang sangat menakjubkan.

Perekonomian negara Maladewa sendiri memang bergantung pada pariwisata dan perikanan. Tak heran, negara yang bertetangga dengan India dan Sri Lanka ini, membuat sesuatu yang menakjubkan untuk menarik wisatawan untuk datang berkunjung.

2. Pertambangan Radon di Amerika Serikat

Pertambangan Radon ini terletak di Montana, Amerika Serikat. Pada tahun 1924, tempat ini merupakan tambang perak dan biji timah. Hingga pada tahun 1949, seorang wanita memiliki penyakit dan mengetahui penyakitnya telah hilang setelah berkunjung ke tempat tersebut, padahal awalnya ia hendak melakukan investasi saham.

Ternyata kesembuhannya diakibatkan adanya unsur radioaktif di pertambangan tersebut. Berita tersebut pun langsung menyebar dan menyebabkan tempat ini berubah, tidak hanya berubah menjadi tambang radon, tetapi juga sebagai tempat terapi. Terapi yang dilakukan merupakan terapi dengan dosis radiasi rendah yang ternyata dapat bermanfaat dalam penyembuhan berbagai penyakit. Dan lucunya, yang di rawat di tempat ini bukan hanya manusia saja, melainkan juga hewan peliharaan.

3. Waitomo Glow Worm Caves di Selandia Baru

Ruang Bawah Tanah Menakjubkan selanjutnya adalah Gua Waitomo Glow Worm Caves di Selandia Baru. Dengan menggunakan perahu, para pengunjung akan melalui sebuah perjalanan unik menuju gua menakjubkan tersebut. Keindahan yang luar biasa dari ruang bawah tanah ini adalah adanya fenomena yang dikenal sebagai "Bioluminescence", yaitu pembentukan dan pemancaran cahaya oleh makhluk hidup.  

Bioluminescence ini dihasilkan oleh jutaan cacing grotto yang ada di gua tersebut, karena cacing-cacing itu mengeluarkan cahaya berwarna biru yang berfungsi menerangi gua. Dan yang membuat gua itu semakin menarik hingga didatangi hampir sejuta wisatawan per tahunnya adalah di dalam gua sepanjang 250 meter itu dibangun katedral Cavern atau katedral bawah tanah terkenal di dunia. Sebenarnya, dinding gua yang mempunyai struktur kapur ini telah dikenal oleh penduduk Maori selama berabad-abad. Namun, baru di akhir abad ke-19, ditemukan oleh orang Eropa dan kemudian dibuka untuk umum pada tahun 1911.

4. Catacomb Capuchin di Italia

Satu lagi Ruang Bawah Tanah Menakjubkan, yaitu Catacomb Capuchin yang berada di Sisilia, Italia. Ternyata, ada banyak tempat jika kita ingin melihat mumi, tetapi mungkin banyak orang yang sependapat bahwa tempat ini merupakan tempat yang paling mengerikan di dunia untuk melihat mumi.

Tempat ini sering disebut sebagai museum kematian, karena sejak abad ke-16 itu terdapat lebih dari 8.000 (delapan ribu) mumi yang terpajang di dindingnya. Di tempat ini, mumi-mumi yang telah membusuk selama bertahun-tahun dihias sedemikian rupa dengan kostum elegan dan beberapa di antaranya masih bertubuh utuh.

Rosalia Lombardo
Uniknya, ada mumi seorang anak berusia 2 tahun yang bernama Rosalia Lombardo yang dimumikan pada tahun 1920 yang dikenal sebagai "Sleeping Beauty" alias Putri Tidur yang tubuhnya masih sempurna utuh sampai saat ini dan berbaring di sebuah lemari kaca. Dan dari banyak mumi-mumi yang diletakkan di Catacomb Capuchin, masih ada juga mengeluarkan bau.

5. Coober Pedy di Australia

Ruang Bawah Tanah berikutnya bernama Coober Pedy, yang merupakan salah satu tempat yang paling aneh di dunia, karena tempat tersebut memiliki suhu panas yang ekstrem. Coober Pedy merupakan sebuah kota pertambangan opal yang telah ada sejak tahun 1915. Hal itu menyebabkan sekitar 80% dari populasi penduduknya tinggal dan bekerja di bawah tanah.

Di Coober Pedy terdapat terowongan yang saling terhubung dari satu tempat ke tempat lain. Sementara, hingga kini aktivitas pertambangan masih berlangsung. Di kota bawah tanah itu terdapat sebuah gereja, toko, galeri seni, hotel, dan berbagai macam kantor dan pusat bisnis lainnya, layaknya kota pada umumnya. Dan yang paling unik, terdapat pula lapangan golf, namun tak sehelai rumput pun dapat dilihat.

6. Milk Grotto Chapel di Israel

Ternyata di ruang bawah tanah, sebuah rumah ibadah juga dapat dibangun. Salah satunya adalah gereja yang dibangun oleh Saint Paula, yang tinggal di Bethlehem dan meninggal di sana pada tahun 404 sebelum Masehi. Banyak legenda tentang Kapel Milk Grotto, yang didedikasikan untuk bunda Maria ini.

Menurut tradisi Kristen, di sinilah keluarga bunda Maria dan Yusuf berlindung selama pembantaian yang dilakukan oleh para prajurit Raja Herodes saat Yesus masih bayi. Dikatakan bahwa ketika bunda Maria menyusui Yesus, beberapa tetes air susu itu tumpah ke lantai. Kemudian air susu tersebut membuat lantai memutih dan mampu meruntuhkan batu.

7. The London Dungeon di Inggris

Di tempat ini terdapat atraksi wisata horor yang populer di Eropa. Tempat itu tentunya bukan untuk para penakut, karena pengunjung akan melihat penyiksaan, eksekusi, dan tindakan mengerikan yang pernah terjadi di abad pertengahan. Dungeon menampilkan berbagai atraksi menyeramkan dan menakutkan.

Dalam atraksi-atraksi tersebut terdapat atraksi utama yang memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menengok perjalanan menakutkan melalui sisi gelap sejarah. Berbagai macam instrumen penyiksaan mengerikan tersebut dapat disaksikan dalam pertunjukkan.

Selain itu, pengunjung juga dapat bertemu dengan pembunuh dan mutilator terkenal, seperti Jack The Ripper yang dikenal sosok pembunuh berantai paling terkenal di London.


Itulah tadi kisah 7 Ruang Bawah Tanah Menakjubkan Di Dunia yang terangkum dalam UnikUnik Info. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca. Terima Kasih ^^

0 Response to "7 Ruang Bawah Tanah Menakjubkan Di Dunia"

Post a Comment

Mohon berkomentar yang sesuai dengan pembahasan artikel. Jangan gunakan link aktif, dilarang promosi/spam gak jelas!
Komentar kamu bakal dimoderasi sebelum diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel