-->

7 Fenomena Alam Aneh, Unik dan Langka di Dunia

Banyak fenomena alam aneh, unik, dan langka yang terjadi di luar perkiraan manusia. Fenomena alam yang terutama banyak terjadi di langit bukan saja membuat kita menjadi tercengang, tetapi juga menambah pengetahuan baru tentang alam semesta, terutama bagi para ilmuwan. Dari sekian banyak fenomena alam yang terjadi beberapa waktu belakangan ini membuat para ilmuwan disibukkan dengan penelitiannya akan berbagai fenomena alam tersebut.


1. Fenomena Pelangi dan Tornado Muncul Bersamaan
Fenomena alam yang pertama adalah fenomena langka ketika pelangi bersanding bersama tornado dahsyat raksasa di langit. Peristiwa tersebut terjadi di atas langit Colorado di Amerika Serikat ini diawali saat tornado raksasa mulai mendominasi, namun kemudian hanya terpisah beberapa mil, tampak muncul pelangi berwarna-warni indahnya.

Peristiwa menakjubkan tersebut direkam oleh seorang pemburu badai asal Belanda pada akhir Februari silam. Colorado sendiri memang dikenal sebagai salah satu ladang tornado di dunia. Di tempat ini, angin puting beliung berukuran raksasa kerap memporak porandakan perumahan warga. Pada Januari 2012 lalu, telah dilaporkan 95 tornado terdeteksi di wilayah itu dan biasanya akan mencapai puncak pada bulan Maret.

2. Fenomena Bulan Memancarkan Sinar Hijau
Fenomena ini terjadi pada pertengahan tahun 2012 lalu. Sinar hijau sebetulnya bukan hal yang aneh. Di Cerro Paranal, gunung setinggi 2.600 meter di gurun pasir Atacama, Chili, sinar hijau sering kali tampak pada Matahari yang hendak terbenam. Fenomena ini pun sangat mengejutkan, karena fenomena ini sangat jarang terjadi pada bulan.

Sinar hijau itu terjadi karena pembiasan cahaya oleh atmosfer. Atmosfer Bumi membelokkan cahaya dan pembelokan semakin besar pada kondisi atmosfer yang tidak terlalu padat lapisan-lapisannya. Cahaya dengan panjang gelombang yang pendek dibelokan lebih banyak daripada cahaya yang gelombangnya lebih panjang.


3. Fenomena Supermassive Black Hole (Lubang Hitam yang Maha Besar)
Pada akhir tahun 2012 lalu, sebuah lubang hitam yang maha besar atau dikenal sebagai Supermassive Black Hole, yang diketahui telah menelan sebuah bintang. Fenomena ini lazimnya terjadi setiap seratus juta tahun sekali di sebuah galaksi. Sebagian besar galaksi memiliki lubang hitam besar, yakni ruang yang menyedot segala sesuatu yang berada di dekatnya dengan daya gravitasi yang sangat kuat. Namun untuk pertama kalinya, para ilmuwan berkesempatan menjadi saksi mata fenomena tersebut. Setelah SWIFT, yaitu teleskop milik NASA mendeteksi mendeteksi sejumlah semburan sinar X dari bidang tenang di langit.

Menurut penelitian dari salah satu Universitas di Amerika, semburan tersebut kemungkinan besar merupakan sisa-sisa bintang yang tersedot ke dalam lubang hitam besar yang terletak di jarak 3,9 miliar tahun cahaya dari bumi. Lubang hitam tersebut diyakini lebih kuat dibandingkan sebelumnya, karena penambahan massa dari penyerapan bintang. Penyerapan tersebut membuat lubang hitam tumbuh lebih besar hingga menjadi Supermassive Black Hole. Supermassive Black Hole ini dapat mencapai ukuran hingga miliaran massa matahari.

4. Fenomena Awan Halo

Fenomena Awan Halo ini terjadi di langit kota Jakarta pada akhir tahun 2012 yang lalu. Di sore hari muncul awan sendu yang dikelilingi cahaya berwarna-warni seperti pelangi. Fenomena yang tampak seperti fenomena Halo matahari itu berlangsung selama 15 menit. Masyarakat yang ketika itu masih beraktifitas sontak terkejut melihatnya, lalu mereka pun langsung mengabadikan fenomena alam itu.

5. Fenomena Hujan Serbuk Jingga
Fenomena alam langka lainnya adalah Hujan Serbuk Jingga di Alaska, Amerika Serikat. Daerah tempat lokasi kejadian memang terkenal sebagai daerah bercuaca ekstrem, namun hujan serbuk jingga ini membuat para warga sekitarnya sangat khawatir, karena diduga serbuk jingga tersebut mengandung bahan yang berbahaya. Fenomena ini pertama kali ditemukan di sebuah desa terpencil Alaska, di mana pelabuhan diselimuti serbuk jingga.

Beberapa hari kemudian, terjadi hujan air yang mengandung serbuk jingga. Dan serbuk jingga misterius itu masuk ke dalam cadangan air minum warga sekitar. Warga menduga serbuk jingga itu merupakan ampas industri minyak yang diterbangkan angin, namun warga lainnya membantah dugaan tersebut dikarenakan tidak dirasakan adanya lapisan minyak pada serbuk tersebut.


6. Fenomena Pelangi Kembar

Sebuah fenomena alam menakjubkan pernah terlihat di langit kota Manokwari di Papua Barat. Fenomena alam yang langka ini terjadi selama 20 menit yang disaksikan warga setempat dengan mata telanjang. Jika pada umumnya pelangi terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butiran air hujan, maka pelangi kedua pada fenomena pelangi kembar terjadi karena refleksi ganda dari sinar matahari dalam air hujan yang muncul pada sudut 50° hingga 53° (derajat). Pada warna-warninya, kedua pelangi tersebut juga terdapat perbedaan, di mana seringkali pelangi kedua lebih redup dari pelangi yang pertama. 

7. Fenomena Gerhana Matahari di Malam Hari

Biasanya, gerhana matahari terjadi pada waktu siang hari, namun kali ini Gerhana Matahari justru terjadi di tengah malam. Fenomena Gerhana Matahari ini terjadi di Norwegia. Melalui pengamatan dengan menggunakan H-alpha filter, matahari yang biasanya putih terang di siang hari terlihat merah menyala diselimuti awan di mala

Itulah tadi kisah 7 Fenomena Alam Aneh, Unik dan Langka di Dunia yang terangkum dalam UnikUnik Info. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca. Terima Kasih ^^

0 Response to "7 Fenomena Alam Aneh, Unik dan Langka di Dunia"

Post a Comment

Mohon berkomentar yang sesuai dengan pembahasan artikel. Jangan gunakan link aktif, dilarang promosi/spam gak jelas!
Komentar kamu bakal dimoderasi sebelum diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel