-->

10 Keindahan Lombok: Tempat Wisata Unik & Asyik Bikin Wisatawan Betah di sana

Bagi wisatawan yang berkunjung di pulau Lombok, merasa bakal merasakan keindahan alam yang begitu alami, hingga mereka bisa merasakan kenyamanan & ketentraman seperti di rumah sendiri. Ada 10 hal yang bikin para wisatawan betah berkunjung dan betah menetap lebih lama di sana. Mau tau? Berikut ulasan selengkapnya.

Banyak sekali pantai di Lombok yang ciamik seperti Pantai Senggigi ini!


Angin yang bertiup sepoi-sepoi di Pantai Senggigi menghapus semua kelelahanmu dan menggantinya dengan atmosfer yang sangat rileks. Berada di pantai ini akan membuatmu menyesal... menyesal karena terlalu sibuk dengan pekerjaan dan lupa bahwa ada surga kecil bernama Pulau Lombok ini!


Keindahan Gunung Rinjani akan membuatmu melupakan gunung-gunung lainnya!


Banyak yang bilang Rinjani adalah gunung paling cantik di Indonesia yang menawarkan panorama yang menggetarkan, sekaligus membekas seumur hidup. Itu bukan pujian yang berlebihan lho.


Rinjani adalah impian semua pendaki gunung. Gunung ini terletak di ketinggian 3.726 mdpl, dan bahkan Pulau Bali bisa dilihat dari sini.


Banyak pendaki yang setelah berhasil menaklukkan Rinjani tidak bisa move on lho! Mereka akan terus terbayang keindahan gunung ini sampai berminggu-minggu lamanya dan lalu banyak yang kembali untuk mengalaminya lagi.


Tahukah kamu jika Rinjani memiliki nilai spiritiual bagi orang Hindu Bali dan suku sasak? Bagi orang bali, Rinjani adalah satu dari tiga gunung yang disucikan karena dianggap tempat tinggal para dewa, setelah Semeru dan Agung. Di puncaknya, ada Danau Segara Anak yang lebih dari sekadar mempesona!


Ditantang untuk menghitung jumlah bintang yang ada di langit saat sedang camping di Puncak Rinjani.


Barangkali cuma Lombok yang langit dan buminya sama-sama luar biasa mempesona. Kalau kamu sempat camping dalam trek menuju Puncak Rinjani, keluarlah di malam hari dan menengadahlah ke langit. Jutaan bintang bertaburan laiknya wallpaper komputer!


Bisa mengintip kehidupan Suku Sasak yang ternyata mayoritas beragama Islam


Tahukah kamu hampir 85% populasi penduduk Lombok merupakan suku Sasak? Uniknya meski Lombok banyak dipengaruhi budaya Bali namun suku Sasak mayoritasnya adalah muslim. Bahkan Lombok sendiri dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid.


Orang Sasak dikenal dengan kain tenunnya. Bahkan wanita sasak belum boleh menikah jika belum bisa menenun.


Rumah-rumah suku Sasak berbentuk unik dan biasanya atapnya terbuat dari alang-alang atau rumput gajah. Demikian juga dengan masjid yang berdiri di kampung tersebut.


Menguji sejauh mana kamu tahan makanan pedas dengan mencicipi pelecing kangkung.


Apalah artinya traveling tanpa kuliner? Lombok tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia terutama dalam hal menyediakan makanan yang super pedas seperti pelecing kangkung ini.


Selain itu, ada juga ayam taliwang yang sangat identik dengan pulau ini.


Berdebat dengan temanmu, mana yang paling keren: Gili Air, Gili Meno atau Gili Trawangan?


Trio Gili ini sudah sangat terkenal bahkan sampai mancanegara lho!


Keindahan ke-3 gili-gili tersebut sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan sudah menjadi favorit wisatawan untuk snorkeling, diving atau sekadar island hopping!


Di Gili Trawangan, kamu tidak akan menemukan kendaraan bermotor. Sarana transportasinya adalah sejenis dokar yang ditarik kuda ini yang disebut sebagai cidomo.


Tapi tahukah kamu kalau ternyata masih banyak gili-gili yang lain seperti Gili Kondo, Gili Petagan dan Gili Bidara. Namun ketiga gili ini timbul tenggelam karena pulaunya yang tak seberapa besar. Ada juga Gili Kosong ini yang luasnya hanya seukuran lapangan badminton.


Menjadi saksi magisnya air terjun yang ada di Pulau Lombok.

Belum banyak yang tahu kalau Pulau Lombok menyimpan puluhan air terjun dengan keindahan yang magis. Bahkan di kaki Gunung Rinjani sendiri terdapat 20 air terjun, termasuk air terjun Sendang Gile ini.


Selain itu masih ada air terjun lainnya seperti air terjun Benang Kelambu ini yang aliran airnya menyerupai kelambu, Kalau ke sini jangan lupa bawa baju ganti ya!


Langit yang biru, laut yang bening, dan pasir berwarna merah muda. Adakah yang akan bilang ini tidak indah?


Pantai dengan pasir berwarna pink ini terletak 2,5 jam dari Mataram dan harus melalui jalanan yang menantang. Namun ketika sampai di sini, kamu akan terpukau oleh keindahannya. Warna pink di pantai ini dihasilkan dari coral reefs yang disebut Homtrema rubrum dan bercampur dengan pasir putih.


Berendam di Taman Narmada dan berharap supaya awet muda.


Meski belum puas berenang di air laut, kamu juga bisa coba berendam di air tawar! Inilah Taman Narmada, salah satu tempat penuh mitos di Pulau Lombok.


Taman Narmada terletak di Desa Lembuah, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, sekitar 10 kilometer sebelah timur Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Taman yang luasnya sekitar 2 ha ini dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem, sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun Caka (Oktober-November).

Selain tempat upacara, Taman Narmada juga digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja pada saat musim kemarau. Taman ini juga merupakan replika Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak.

Taman ini memiliki kolam pemandian yang tidak hanya cantik, tapi juga konon bisa membuat awet muda. Mau coba?

Pantai Mawun atau Pantai Selong Belanak? Pantau Seger? Pantai Tanjung Aan? Kamu tentukan sendiri!


Inilah Pantai Mawun.


Ini Pantai Selong Belanak.


Inilah Pantai Seger.


Ini Pantai Tanjung Aan.


Itulah sebagian dari alasan yang akan membuatmu enggan meninggalkan Lombok! Bener gak sih? Coba aja :D

2 Responses to "10 Keindahan Lombok: Tempat Wisata Unik & Asyik Bikin Wisatawan Betah di sana"

Mohon berkomentar yang sesuai dengan pembahasan artikel. Jangan gunakan link aktif, dilarang promosi/spam gak jelas!
Komentar kamu bakal dimoderasi sebelum diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel