-->

5 Cara Memulai Online Shop Di Bidang Fashion

Ketika Anda ingin memulai membangun Online Shop di bidang Fashion sebenarnya gampang-gampang susah. Dan menurut sebuah riset, 60% pedagang online shop bergerak di bidang fashion. Industri ini seakan tak ada matinya, karena setiap saat orang akan membutuhkan pakaian dan asesoris, tentunya diiringi dengan perkembangan jaman, usia, karir dan lain-lain.

Begitu banyaknya online shop di bidang fashion tentu saja membuat persaingan semakin ketat, belum lagi harus bersaing dengan toko-toko offline yang sudah lama berdiri. Namun, bagi teman-teman yang tertarik bisnis fashion tak perlu takut, persaingan memang akan semakin ketat bahkan setiap hari selalu ada brand fashion baru yang muncul. Bagaimana cara menghadapinya?

1) Lakukan riset

Riset awal merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, agar kita dapat mengetahui situasi pasar. Tentukan target market anda dan jenis fashion apa yang paling diminati konsumen yang menjadi target penjualan anda.

Ketahui motivasi mereka membeli produk tersebut. Ini akan memudahkan anda dalam berpromosi.

2) Cermat memilih supplier

Setelah anda mengetahui kondisi pasar dan minat konsumen, kini saatnya anda mencari supplier. Jangan sembarang pilih supplier, pastikan produk yang anda beli memiliki kualitas baik dengan supplier yang profesional dan disiplin.

Pengalaman saya, saya pernah salah pilih supplier, saya hanya mengetahui supplier tersebut dari teman saya, kami hanya berkomunikasi lewat telepon tanpa bertemu langsung, ketika saya melakukan pesanan.

Supplier saya sangat lama mengirimkannya, dan barang yang diperoleh tidak berkualitas. Tentu saja hal ini akan mengecewakan konsumen anda. Jadi pastikan supplier anda mampu memenuhi kebutuhan dan permintaan Anda.

3) Siapkan sistem operasional

Meski masih terbilang pemula dan skala kecil, anda perlu membuat sistem operasi usaha anda. Mulai dari pengurusan produksi/stok, keuangan, bahkan jam kerja untuk menerima pesanan dan konsultasi. Saya pernah menunda untuk membentuk sistem operasional, dan hasilnya setelah banyak pesanan saya kerepotan dan manajemen usaha saya jadi rumit. Jadi jangan sampai terjadi pada anda ya.

4) Siapkan website/blog

Website atau blog saat ini menjadi bukti fisik bahwa toko online anda memang ada dan terpercaya. Jika anda enggan menggunakan website berbayar, anda bisa gunakan blog. Buat web/blog yang sederhana dan nyaman dilihat. Ketika pengunjung nyaman, ada kemungkinan suatu hari akan membeli. Jika di forum bukalapak ini, anda hanya perlu menampilkan foto produk yang menarik dan baik serta keterangan produk yang jelas, sehingga konsumen tidak perlu bertanya-tanya.

5) Siapkan strategi promosi/pemasaran

Setelah keempat cara diatas anda persiapkan, terakhir adalah strategi promosi, bisa lewat forum bukalapak.com, facebook, twitter, path, bbm, dan media sosial apapun yang anda kehendaki. Eits, tapi pastikan posting anda tepat sasaran. Semisal anda menjual produk yang banyak digunakan pengguna facebook, tentunya perbanyaklah promosi lewat facebook.

Oke selamat mencoba ^_^

0 Response to "5 Cara Memulai Online Shop Di Bidang Fashion"

Post a Comment

Mohon berkomentar yang sesuai dengan pembahasan artikel. Jangan gunakan link aktif, dilarang promosi/spam gak jelas!
Komentar kamu bakal dimoderasi sebelum diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel