-->

Cara Memahami Positioning Produk

Memahami positioning produk dalam dunia usaha memang sangat penting dalam mendongkrak keuntungan dari hasil transaksi penjualan yang berhasil kita dapatkan. Selain segmentasi dan targeting, salah satu tahapan penting lainnya dari manajemen pemasaran adalah positioning produk. Untuk itu, mari kita simak seluk beluk mengenai positioning produk dalam dunia usaha online.

Apa itu positioning produk?

Positioning produk merupakan bentuk pencitraan yang dibangun oleh pemilik usaha terhadap produk mereka. Dari proses positioning ini akan terbentuk pandangan dan penilaian tersendiri yang otomatis muncul begitu nama produk disebutkan. Cara ini memanfaatkan sistem kerja otomatis dari otak manusia dalam menentukan citra dari apa yang dilihat/didengar.

Contoh, ketika anda mendengar kata “Iphone”, tentu anda secara otomatis akan membayangkan sebuah ponsel canggih dengan harga yang mahal dan hanya digunakan oleh orang-orang kalangan high end.

Meskipun kini ada pula Iphone yang harganya lebih terjangkau (baca-Iphone second), berbeda juga jika anda mendengar kata “Buatan Cina”, mau itu produk apapun pasti otak otomatis akan membayangkan sebuah produk dengan mutu kurang bagus dan harga cenderung murah. Walaupun tidak semua produk buatan Cina memiliki kualitas buruk.

Nah, ada 4 kriteria positioning produk yang biasa dimunculkan yaitu :

1) Keunikan

Untuk bisa teridentifikasi pasar dengan mudah, cobalah untuk menghadirkan produk yang unik, meskipun produk itu sama seperti yang sudah ada dipasaran tapi usahakan memiliki keunikan. Karena keunikan mampu mengundang rasa penasaran.

2) Kualitas

Sisi lain yang dapat membuat produk anda menonjol adalah kualitas dan inovasi. Jadilah yang terdepan, sekalipun mahal, jika berkualitas tentu pasar akan lebih tertarik. COntohnya produk-produk Apple yang jarang mengecewakan

3) Harga

Selain kualitas, harga juga bisa menjadi hal yang berpengaruh. Memasang harga dibawah harga produk-produk lain yang sejenis misalnya. Meski kualitas sebanding dengan harganya, konsumen akan memahami dan jika mereka hendak cari produk murah, bisa jadi toko anda/produk anda jadi incaran mereka. COntoh ponsel cina murah, mereka akan langsung membidik merek Xiaomi ketimbang merek-merek buatan Cina lainnya.

4) Pioneer

Menjadi yang pertama atau pioneer artinya tak ada yang menyamai anda di pasar. Meski akhirnya akan muncul pesaing yang mencoba meniru produk anda, tak jadi soal. Teruslah berinovasi, karena peniru hanya akan tetap jadi peniru ketika ia tak mampu berinovasi. Konsumen pun semakin cerdas, mereka suka sesuatu yang original.

Ketika anda sudah menentukan positioning yang tepat pada produk anda, lekatkan hal itu lewat setiap iklan, promosi, kemasan, banner, papan nama, stiker, dan semua media promosi anda. Semakin anda gencar menyampaikan akan membuat konsumen yang melihatnya jadi mengingat :)

Well, sekian informasi ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat :)

0 Response to "Cara Memahami Positioning Produk"

Post a Comment

Mohon berkomentar yang sesuai dengan pembahasan artikel. Jangan gunakan link aktif, dilarang promosi/spam gak jelas!
Komentar kamu bakal dimoderasi sebelum diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel