-->

Mengenal Bitcoin (Uang Virtual) Lebih Dalam

BitCoin (Uang Virtual) adalah sebuah mata uang virtual yang dapat digunakan untuk bertransaksi online. Jika ditanya bagaimanakah bentuk mata uang ini, yang jelas bentuknya bukan seperti mata uang fisik yang dikeluarkan oleh sebuah bank dan bukan pula mata uang dari sebuah negara. Bentuk dari mata uang unik ini adalah hanya sebuah file layaknya file-file umum biasa.

File tersebut merupakan enskripsi dari kode-kode unik yang menjadikannya tak sama satu dengan yang lain.

Dan seperti file mp3 atau word yang Anda miliki di perangkat komputer Anda, file BitCoin juga dapat disimpan dalam komputer atau sebuah flash disk atau software yang dinamakan BitCoin Digital Wallet.

Selain itu BitCoin juga dapat di simpan di jasa penyimpanan BitCoin di Internet yang berbentuk layaknya sosial cloud.

Menurut beberapa sumber, sejarah dari lahirnya BitCoin berawal pada tahun 2007. Seorang ahli komputer mencoba mengembangkan sistem mata uang virtual model baru yang sama sekali tidak terikat oleh pihak atau otoritas manapun.

Orang itu bernama Satoshi Nakamoto. Pria asal jepang tersebut mengaku mengembangkan BitCoin selama 2 tahun dan mulai melepasnya di dunia internet pada tahun 2009 dan akhirnya menyebar hingga saat ini.

Beberapa ahli menyatakan bahwa sang penemu tersebut adalah nama fiktif dan tidak ada secara nyata orang dengan nama tersebut.

Ada sebagian ahli yang menyatakan bahwa mata uang BitCoin merupakan sesuatu yang dibuat oleh seseorang atau kelompok orang yang memang ingin membuat persepsi baru dalam dunia transaksi online. Dan tujuan utamanya tentu saja untuk mengambil keuntungan.

Namun, kembali lagi terlepas dari banyak nya cerita yang beredar nyatanya kini sudah ada orang yang bertransaksi dengan menggunakan BitCoin dan nampaknya hal tersebut makin marak bahkan sudah menyentuh masyarakat maya di Indonesia.

Anda bisa mencari beberapa informasi di Kaskus karena tidak sedikit yang telah memperjual belikan BitCoin disana.

Peredaran BitCoin

Jika ditanyakan bagaimana nilai serta penyebaran mata uang BitCoin. Mengenai penyebarannya saat ini BitCoin sudah tersebar hampir di seluruh penjuru dunia. Namun ada beberapa negara yang dengan tegas telah menolak penggunaan mata uang BitCoin sebagai alat transaksi online.

Negera-negera tersebut diantaranya adalah China dan Singapura, negara tersebut memang menolak penggunaan BitCoin sebagai alat jual beli yang sah karena sifatnya yang tidak aman. Selain itu BitCoin juga dikawatirkan akan memberikan dampak buruk terhadap kestabilan transaksi online di negara tersebut.

Mengenai nilai BitCoin, jika di-kurs-kan dengan nilai dolas AS, beberapa pihak menyatakan bahwa saat ini nilai 1 BitCoin atau 1B (symbol BitCoin) senilai dengan $195 dolar. Namun nilai tersebut akan terus berubah sesuai dengan keberadaan jumlah BitCoin yang ada saat ini.

Hingga saat ini diperkirakan sudah terdapat 21 juta BitCoin yang bertambah 25 BitCoin permenitnya diseluruh dunia.

Manfaat Bitcoin

Dengan menggunakan Bitcoin maka ini adalah  cara yang termudah untuk menukar uang dengan biaya minim. Berikut ini bebrapa Keunggulan dan manfaat dari Bitcoin.

1. Keamanan dan Kelola Uang Anda

Transaksi Bitcoin diamankan oleh kriptografi tingkat militer. Tidak seorang pun yang bisa menggunakan uang Anda atau melakukan pembayaran atas nama Anda. Selama Anda mengambil langkah yang diperlukan untuk melindungi dompet Anda, Bitcoin dapat memberikan Anda kendali penuh atas uang Anda dan tingkat proteksi yang kuat terhadap banyak jenis penipuan.

2. Berfungsi Di mana saja, Kapan Saja dan Oleh Siapa Saja

Sama seperti email, Anda tidak perlu mengharuskan keluarga Anda untuk menggunakan perangkat lunak atau penyedia layanan yang sama. Biarkan mereka mengunakan yang mereka suka. Hal itu bukan masalah ; mereka semua kompatibel karena mereka menggunakan teknologi terbuka yang sama. Jaringan Bitcoin tidak pernah tidur, bahkan saat liburan pun!

3. Sistem Pembayaran Internasional yang Mudah dan Cepat

Bitcoin dapat ditransfer Misal dari Amerika ke  Indonesia  dalam waktu kurang lebih 10 menit. Tidak ada Bank yang memperlambat prosesnya, biaya yang mahal, atau pembekuan dana. Anda bisa membayar tetangga Anda sama seperti Anda membayar seorang anggota keluarga Anda di negara lain.

4. Hampir Gratis untuk digunakan

Bitcoin memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima pembayaran dengan sangat murah. Kecuali untuk kasus spesial seperti pembayaran-mikro, tidak ada biaya yang diterapkan. Namun direkomendasikan untuk membayar biaya sukarela lebih tinggi untuk konfirmasi yang lebih cepat untuk transaksi Anda dan untuk menggaji orang yang mengoperasikan jaringan Bitcoin.

5. Melindungi identitas Anda

Dengan Bitcoin, tidak ada nomor kartu kredit yang bisa dikumpulkan oleh pelaku jahat untuk meniru Anda. Faktanya, bahkan memungkinkan untuk mengirim sebuah pembayaran tanpa harus mengungkapkan identitas Anda, sama seperti uang asli. Bagaimanapun Anda harus mencatat bahwa diperlukan beberapa upaya untuk melindungi privasi Anda.

6. Pembayaran Via Handphone dibuat mudah

Bitcoin pada Hp memungkinkan Anda untuk membayar dengan dua langkah sederhana pindai-dan-bayar. Tidak perlu menggesek kartu Anda, mengetik PIN, atau menandatangani apapun. Yang perlu Anda lakukan untuk menerima pembayaran Bitcoin hanyalah menampilkan kode QR di aplikasi dompet Bitcoin Anda dan biarkan teman Anda memindai ponsel Anda, atau sentuhkan dua ponsel bersama.

Bagaimana cara kerja Bitcoin?

Inilah pertanyaan yang seringkali menyebabkan kebingungan. Berikut penjelasan singkatnya!

Harga BitCoin Terkini

Dasar untuk pengguna baru

Sebagai pengguna baru, Anda bisa langsung mulai menggunakan Bitcoin tanpa harus memahami detil teknisnya. Setelah Anda menginstal dompet Bitcoin di komputer atau ponsel, secara otomatis akan tercipta alamat Bitcoin pertama Anda dan Anda bisa membuat lebih banyak alamat lagi kapanpun Anda membutuhkan.

Anda bisa memberikan alamat Bitcoin Anda kepada teman-teman Anda sehingga mereka bisa membayar Anda ataupun sebaliknya. Sangat mirip dengan cara kerja email, kecuali bahwa alamat Bitcoin hanya bisa digunakan sekali.


Saldo - rantai-blok

Rantai-blok adalah sebuah catatan transaksi umum bersama di mana jaringan Bitcoin bersandar. Semua transaksi terkonfirmasi termasuk di dalam rantai-blok. Dengan demikian, dompet Bitcoin dapat menghitung sisa uang yang dapat dibelanjakan dan transaksi-transaksi baru dapat diverifikasi untuk dibelanjakan dengan bitcoin yang memang dimiliki oleh pengguna. Integritas dan urutan kronologis rantai-blok diberlakukan dengan kriptografi.

Transaksi - kunci pribadi

Sebuah transaksi adalah transfer nilai antara dompet Bitcoin yang termasuk di dalam rantai-blok. Dompet Bitcoin menyimpan bagian rahasia dari data yang disebut kunci pribadi, yang digunakan untuk menandatangani transaksi, memberikan bukti matematis bahwa memang benar si pemilik dompet yang bertransaksi.

Tanda tangan juga mencegah transaksi diubah oleh siapapun setelah diterbitkan. Semua transaksi disiarkan antara pengguna dan biasanya akan mulai dikonfirmasi oleh jaringan dalam waktu 10 menit, melalui proses yang disebut penambangan.

Memproses - penambangan

Penambangan merupakan sebuah sistem kesepakatan terdistribusi yang digunakan untuk melakukan konfirmasi antrian transaksi dengan memasukkan mereka ke dalam rantai-blok. Penambangan menyusun urutan kronologis dalam rantai-blok, melindungi netralitas jaringan, dan memungkinkan komputer yang berbeda untuk menyetujui pada keadaan sistem.

Untuk dapat dikonfirmasi, transaksi haruslah dibungkus dalam sebuah blok yang sesuai dengan aturan kriptografi yang sangat ketat dan akan diverifikasi oleh jaringan. Aturan tersebut untuk mencegah blok sebelumnya dimodifikasi karena akan membatalkan semua blok berikutnya.

Penambangan juga seperti sebuah lotre yang kompetitif untuk mencegah setiap individu dengan mudahnya menambahkan blok baru secara berturut-turut ke dalam rantai-blok. Dengan demikian, tidak ada individu yang bisa mengendalikan apa yang dimasukkan ke dalam rantai-blok atau mengganti bagian dari rantai-blok untuk memutar balik transaksi mereka.


Kelebihan dan Kekurangan BitCoin

Kelebihan dari BitCoin sebagai alat pembayaran adalah sifatnya yang simple dan ringkas. BitCoin merupakan alat transaksi orang per orang dan hanya orang yang memegangnya yang bisa menggunakannya.

Selain itu dalam menggunakannya pun, kita tidak perlu menyertakan informasi pribadinya seperti pada mata uang bank atau akun transaksi online lain. Hal ini tentunya memberikan keamanan informasi dari sang pemilik.

Yang menjadi kerugian dari pemakaian BitCoin adalah karena bentuknya yang hanya berupa file, memungkinkan BitCoin menjadi rusak/ hilang/ terhapus jika terjadi sesuatu dengan perangkat tempat kita menyimpan BitCoin tersebut.

Dan kelemahan terbesarnya adalah karena BitCoin merupakan sebuah alat transaksi yang hadir karena ada kemauan dan kepercayaan dari para penggunaya. Hal ini memungkinkan suatu saat BitCoin bisa benar-benar tidak bernilai karena sudah tidak ada yang mau menggunakan mata uang tersebut.

Berikut sebuah video dalam bahasa inggris yang memaparkan dengan ringkas apa dan bagaimanakan BitCoin tersebut bekerja.



Perlu diperhatikan bahwa semua transaksi Bitcoin disimpan di publik dan permanen pada jaringan Bitcoin, yang berarti bahwa keseimbangan dan transaksi alamat Bitcoin dapat dilihat oleh siapa pun.

Para ahli merekomendasikan bahwa pemilik Bitcoin perlu membuat alamat baru untuk setiap transaksi sebagai cara untuk menjamin privasi dan meningkatkan keamanan.

Mata uang BitCoin memang merupakan hasil dari perkembangan dunia teknologi ecommerce yang tumbuh terlalu massif. Dan bagi Anda yang memang seorang pelaku e-commerce boleh saja mengikuti dan mengerti lebih dalam tentang perkembangan yang ada, namun yang terpenting adalah tetap mengutamakan keamanan transaksi anda.

Kita tunggu saja bagaimana perkembangan mata uang virtual unik yang satu ini.

0 Response to "Mengenal Bitcoin (Uang Virtual) Lebih Dalam"

Post a Comment

Mohon berkomentar yang sesuai dengan pembahasan artikel. Jangan gunakan link aktif, dilarang promosi/spam gak jelas!
Komentar kamu bakal dimoderasi sebelum diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel