-->

Tips Aman Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Berat badan yang berlebih dapat memudarkan rasa percaya diri. Selain hal tersebut badan yang gemuk juga memicu beberapa penyakit yang mengerikan apabila kenaikan berat badan tak diperhatikan. Saat ini hampir semua orang mempunyai tubuh yang gemuk dan ingin menguruskan badan untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Namun tidak sedikit yang melakukannya dengan cara instant dengan mengkonsumsi obat-obatan yang justru merusak tubuh mereka.

Hal ini  menjadi persoalan serius dimana perlu ada pengkajian tentang langkah untuk menurunkan berat badan alami dan aman. Menurunkan berat badan dengan alami akan menolong orang untuk menahan dan mengendalikan berbagai penyakit.

Saat ini banyak metode untuk menguruskan badan dengan cepat namun tidak memberikan hasil yang lama. Metode diet yang menggunakan minuman dan makanan serta suplemen atau pil pelangsing tidak bisa bekerja dengan maksimal. Kalaupun berhasil hanya sementara saja. Apabila berat badan sudah naik drastis segala cara pun pasti dilakukan untuk mengembalikan tubuh dalam bentuk yang ideal.

Nah, beberapa tips berikut adalah cara aman menurunkan berat badan dengan cepat.

1. Jangan biarkan tubuh kelaparan

Kunci untuk menurunkan berat badan dengan cara alami adalah jangan membiarkan diet yang dijalani hanya terpaku pada hilangnya lemak di tubuh dengan melewatkan waktu makan. Yang perlu diperhatikan adalah organ tubuh secara konsisten membutuhkan nutrisi yang berasa dari makanan agar bisa bekerja dengan baik.

Jika tubuh tidak diberi nutrisi makanan maka tubuh bisa mengambil nutrisi dari organ tubuh dan hal ini efeknya bisa lebih fatal, yaitu rusaknya organ tubuh karena nutrisinya yang tidak tercukupi. Tubuh tidak bisa mentolerir kekurangan makanan untuk tenaga yang dpakai sehari-hari.

2. Olahraga teratur secara rutin

Untuk menurunkan berat badan secara permanen dapat dilakukan dengan mengubah pola makan dan olahraga. Olah raga sangat berperan untuk melunturkan lemak yang ada di tubuh. Jika Anda merasa sibuk dan tidak punya waktu untuk berolah raga, cobalah untuk lebih banyak berjalan. Gunakan tangga dan hindari menggunakan lift. Jika tidak punya waktu untuk ke pusat kebugaran, Anda bisa bersepeda atau lari mengelilingi komplek rumah.

Berolahraga secara teratur akan memberikan perubahan pada bentuk tubuh karena lemak berkurang. Berolahraga seperti push up, jogging, badminton, dan sebagainya. Penimbunan lemak di tubuh selain karena makanan juga karena tubuh yang malas digerakkan sehingga lemak menumpuk. Dengan berolahraga maka program menguruskan badan akan lebih cepat berhasil.

3. Diet sehat

Lakukan diet sehat dengan mengubah pola makan dan memilih makanan rendah lemak, makan makanan yang diolah secara direbus dan rajin mengkonsumsi buah–buahan segar.

4. Cukup tidur

Kegemukan bukan saja berasal dari makanan tetapi juga berasal dari kurang tidur. Orang yang kurang tidur berat badanya melebihi orang–orang yang cukup tidur. Umumnya orang harus tidur 8 jam sehari.

5. Hindari makanan yang banyak gula

Untuk menguruskan badan, rencanakan porsi makanan dengan banyak buah-buahan dan sayuran. Hindari makanan yang menggunakan pemanis buatan, soda dan kue kering. Mengkonsumsi gula berlebih tidak hanya beresiko pada kegemukan namun juga beresiko pada penyakit gula, dan penyakit serius lainnya. Bijaklah pada saat mengkonsumsi makanan ringan untuk mempercepat turunkan berat badan anda dengan alami.

6. Kurangi stres

Stres dan keadaan hati yang buruk akan meningkatkan selera makan yang akan berimbas pada kenaikan berat badan. Pola pikir yang sehat akan sangat mendukung berhasilnya diet sehat apabila sedang melakukan program diet.

7. Mengkonsumsi rempah–rempah 

Indonesia kaya akan rempah–rempah. Banyak sekali rempah–rempah yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan menurunkan berat badan. Rempah–rempah tersebut diantaranya jahe, gingseng, kayu manis, kapulaga, kunyit, dan jintan.

8. Melakukan pijatan

Lakukan pijatan untuk bagian tubuh yang banyak mengandung lemak untuk melepaskan lemak yang berada di bawah kulit. Pijatan juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan melancarkan peredaran darah yang akan membuang racun dan berkontribusi untuk penuruan berat badan.

9. Hindari minuman bersoda

Sering mengkonsumi minuman bersoda dapat menghancurkan usaha dalam menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan kandungan sebotol kecil minuman bersoda mengandung kurang lebih 250 kalori dan semuanya berasal dari gula. Hindarilah mengkonsumsi minuman bersoda karena selain tidak sehat, minuman bersoda juga justru akan membuat tubuh Anda memiliki resiko besar terkena obesitas dan diabetes.

10. Hindari makanan yang digoreng

Untuk lebih memaksimalkan usaha Anda menurunkan berat badan, alangkah baikya sebisa mungkin menghindari makanan yang digoreng karena makanan tersebut dapat berpotensi menyimpan lemak trans dan akhirnya dapat menyebabkan penumpukan lemak pada tubuh. Sebaiknya usahakan makanan yang direbus, kukus, sup, dan sebagainya.

11. Mengurangi porsi makan

Mengurangi porsi makan dikarenakan untuk mengurangi banyaknya makanan yang banyak mengandung lemak dan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Semakin sedikit lemak atau kalori yang masuk pada tubuh, maka semakin cepat berat badan untuk turun. Selain itu, Anda juga bisa mengganti makan yang mengandung lemak dengan sayur-sayuran.

12. Minum teh hijau di pagi hari

Teh hijau juga memiliki khasiat untuk menguruskan badan. Teh hijau diyakini bisa membantu membakar kalori dalam tubuh. Hindari sering makan cemilan. Cemilan yang tidak sehat bisa mengakibatkan tubuh menjadi tambah lebih gemuk.

13. Perbanyak mengemil buah

Dampaknya tubuh bisa mengalami obesitas. Jika memang ingin mengemil, sebaiknya makan buah-buahan seperti apel, jeruk, semangka, dan lain-lain. Dengan makan sebutir buah apel sebelum makan, bisa membantu tubuh mengurangi berat badan sebanyak 33%.

14. Mengkonsumsi air putih

Jika Anda mengalami dehidrasi, maka sistem metabolisme tubuh akan terganggu. Hal tersebut lah yang dapat menyebabkan terjadinya penimbunan lemak yang semakin besar. Pastikan untuk mengkonsumsi air putih agar tidak dehidrasi dan setidaknya Anda mengkonsumsi 8 gelas air putih perhari.

15. Camilan rendah kalori

Ini adalah salah satu trik yang paling penting yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Makanlah camilan ringan seperti protein bar atau camilan rendah lemak lainnya. Cara ini dapat mencegah kadar gula turun. Jika kadar gula rendah, tingkat insulin juga akan turun. Penurunan insulin pada gilirannya akan mendorong tersimpannya timbunan lemak di tubuh.

16. Mengunyah sampai lembut

Mengunyah makanan sampai lembut adalah trik lain untuk menurunkan berat badan. Untuk membakar timbunan lemak di perut, kunyah makanan Anda sampai benar-benar lembut. Cara ini dapat mencegah kembung dan juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan cara ini, Anda akan makan lebih sedikit dan dapat mengontrol berat badan.

17. Hindari alkohol

Jika Anda ingin mendapatkan perut langsing yang mempesona, berhenti minum bir atau minuman beralkohol lainnya. Alkohol adalah salah satu minuman yang menjadi penyebab utama pada perut buncit.

18. Menari

Ternyata menari dapat membantu Anda membakar timbunan lemak di tubuh loh. Ini akan membantu Anda meratakan perut buncit dan juga meningkatkan detak jantung serta sirkulasi darah.

19. Hindari Junk Food

Jika Anda ingin memiliki berat badan ideal, Anda harus menghindari makanan yang digoreng dan junk food. Makanlah makanan bergizi dan segar!

20. Bahagia

Depresi atau stres merupakan salah satu penyebab dari kenaikan berat badan. Dan, sering tertawa dapat membakar lemak di tubuh. Pastikan Anda bahagia dengan apa yang Anda lakukan :)

21. Mulai hari dengan dengan hal yang benar

Mulai hari dengan benar maksudnya adalah jangan melewatkan waktu sarapan. Makanan yang sehat dan pas pada saat pagi hari bisa berpengaruh pada metabolisme tubuh. Tubuh tidak akan bisa mentolerir kekurangan makanan untuk tenaga yang akan dipakai sehari-hari.

2 Responses to "Tips Aman Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat"

  1. makasi atas info dan tipsnya
    sukses terus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama. terima kasih juga gan atas kunjungannya ke sini :)

      Delete

Mohon berkomentar yang sesuai dengan pembahasan artikel. Jangan gunakan link aktif, dilarang promosi/spam gak jelas!
Komentar kamu bakal dimoderasi sebelum diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel