-->

7 Makhluk Mitologi yang Menyeramkan Di Dunia

Mitologi adalah ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus dalam suatu kebudayaan. Mitologi terkait erat dengan legenda dan cerita rakyat. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa. Cerita rakyat dari berbagai bangsa tersebut terus menerus bertahan baik melalui lisan secara turun temurun, maupun tulisan. Dan hingga kini, karakter tokoh dari cerita rakyat tersebut menjadi semakin bervariasi yang disesuaikan dengan keadaan zaman.

Berikut adalah 7 Makhluk Mitologi yang Menyeramkan Di Dunia.

1. Mitologi Impundulu

Impundulu adalah makhluk mitologi dalam cerita rakyat dari para suku di bagian Afrika Selatan, seperti suku Pondo, Zulu, dan Xhosa. Makhluk ini berwujud seperti seekor burung berbulu hitam putih dengan ukuran tubuh sebesar manusia.

Ia memiliki kemampuan menciptakan petir dan kilat dengan sayap dan cakarnya. Arti nama Impundulu itu sendiri adalah burung petir. Impundulu ini digambarkan sebagai makhluk yang menyerupai vampir karena terlalu haus akan darah. Ia menyerang mangsa dengan meminum darahnya.

Impundulu juga sering diasosiasikan dengan hemofilia dan kadang-kadang dimanfaatkan oleh orang-orang untuk menyerang orang lain. Kadang-kadang, Impundulu bisa berubah dan menyamar menjadi manusia.

Pada tahun 2005, seorang pria di Afrika Selatan dinyatakan bersalah atas pembunuhan seorang anak yang berusia 2 tahun yang ia percayai sebagai Impundulu.

2. Mitologi Ipri

Pada kepercayaan Jawa kuno, Ipri merupakan makhluk supranatural yang memiliki bentuk seperti wanita di bagian atas tubuhnya dan berbentuk seperti ikan di bagian bawah tubuhnya. Kepercayaan ini sama persis dengan mitologi Yunani Kuno dan masyarakat Eropa tentang legenda Putri Duyung atau Mermaid.


Beberapa orang percaya bahwa makhluk ini suka menggoda para pelaut yang kemudian menenggelamkan mereka. Ipri juga kerap dipuja, karena konon ia dapat mendatangkan rezeki dan kekayaan dari hasil laut. Dan konon, jika telah membuat perjanjian dengan makhluk ini (Ipri) namun Anda mengingkarinya, maka Anda akan tertimpa musibah. Pendapat lain mengatakan bahwa konon Ipri akan marah dan akan membalas dendam kepada siapa pun yang merusak daerah tempat tinggalnya di laut.


3. Mitologi Zashiki Warashi

Zashiki Warashi adalah makhluk yang berwujud anak-anak yang sangat nakal dan kerap membahayakan. Ia dipercaya di Iwate, Jepang, sebagai arwah anak-anak. Makhluk ini juga dikenal sebagai Zashiki Bokko.


Menurut cerita rakyat Jepang, konon Zashiki Warashi mendatangkan kekayaan bagi rumah yang ditinggalinya, meski pun ia suka mengganggu anggota keluarga yang tinggal di rumah itu, tetapi ia dipercaya akan mendatangkan keberuntungan bagi anggota keluarga yang dapat melihatnya.

Penampakan Zashiki Warashi adalah seperti anak kecil yang berusia sekitar 5 atau 6 tahun, berambut pendek, dan berwajah merah. Biasanya makhluk Jepang ini berkeliaran di sekitar rumah dan mencari perhatian dengan berbagai macam cara, seperti meninggalkan jejak kaki di lantai, membunyikan musik, dan lain sebagainya. Ia juga paling senang menampakkan diri pada anak kecil. Di duga hal ini terjadi karena mungkin usianya yang sebaya dengan anak yang diganggunya.

4. Mitologi Grim Reaper

Bagi kebanyakan masyarakat Eropa, Grim Reaper merupakan perwujudan dari malaikat pencabut nyawa.
Grim Reaper digambarkan sebagai seseorang yang berbadan tegap dengan wujud tengkorak yang memegang sebuah sabit besar dengan memakai sebuah jubah hitam panjang dan penutup kepala. Konon, ia hanya bisa dilihat oleh orang yang waktu kematiannya sudah dekat atau orang yang memiliki kekuatan gaib yang sangat besar. Grim Reaper hanya bertugas mengabarkan kematian tanpa mencelakakan siapa pun. Ia muncul dalam mitos-mitos zaman dahulu dan cerita turun-temurun.

5. Mitologi Popobawa


Popobawa adalah makhluk dari suatu roh jahat yang diyakini oleh warga di Afrika. Popobawa merupakan bayangan roh kegelapan yang menyerang pada malam hari. Pada tahun 1995, makhluk misterius ini menjadi pusat perhatian utama bagi para warga di Afrika, hingga memunculkan kepanikan hingga ke kepulauan lain.

Konon, ia tak hanya berbentuk kelelawar, tetapi juga bisa menyerupai manusia atau hewan lain. Biasanya ia akan muncul di malam hari, tetapi tak jarang ia pun muncul di siang hari.
 

6. Mitologi Banshee

Menurut legenda Skotlandia dan Irlandia, makhluk yang bernama Banshee ini sering melolong di sekitar rumah jika ada seseorang dari penghuni rumah tersebut akan segera menemui ajalnya. Namun, ketika banyak Banshee yang muncul bersamaan, hal itu menandakan bahwa kematian orang hebat atau orang suci. Dari kisah-kisah tentang Banshee, menceritakan ia berbentuk wanita meski pun ia tampak seperti peri, sesungguhnya mereka adalah hantu.

Banshee sering digambarkan berpakaian putih atau abu-abu dan kerap memiliki rambut panjang yang mereka sikat dengan sisir perak. Banshee berasal dari roh wanita yang penasaran karena dibunuh atau wanita yang meninggal saat melahirkan. Beberapa penganut agama Celtic percaya bahwa Banshee merupakan malaikat yang terjebak di bumi hingga ada kaitannya dengan Dewi Kematian.

7. Mitologi Doppelganger

Konon, setiap manusia memiliki kembaran di dunia ini. Dalam sejarah, banyak catatan mengenai orang-orang yang mengaku berjumpa dengan dirinya sendiri. Fenomena aneh ini disebut dengan istilah Doppelganger. Kejadian melihat Doppelganger juga kerap dianggap sebagai pertanda nasib buruk. Dalam beberapa tradisi, Doppelganger yang dilihat teman seseorang atau kerabat menandakan penyakit atau bahaya.


Sementara, jika Doppelganger yang dilihat adalah diri sendiri, maka artinya adalah kematian. Konon, kisah pertemuan Doppelganger pernah dialami oleh Presiden Amerika Serikat, yaitu Abraham Lincoln.

Ketika ia bercerita kepada istrinya, sang istri hanya berkata,
"Dua wajah itu berarti Lincoln akan terpilih sebagai presiden sebanyak 2 (dua) kali, dan wajah yang lebih pucat berarti ia tak akan hidup lewat di masa jabatannya yang kedua."

Ternyata prediksi sang istri benar. Lincoln terbunuh pada tahun 1865 saat memegang masa jabatan keduanya.

Itulah tadi 7 Makhluk Mitologi yang Menyeramkan Di Dunia yang terangkum dalam UnikUnik Info. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca. Terima Kasih ^^

2 Responses to "7 Makhluk Mitologi yang Menyeramkan Di Dunia"

Mohon berkomentar yang sesuai dengan pembahasan artikel. Jangan gunakan link aktif, dilarang promosi/spam gak jelas!
Komentar kamu bakal dimoderasi sebelum diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel