7 Hewan Unik Berkaitan Dengan Kisah Nabi

7 Hewan unik berkaitan dengan kisah nabi - Keberadaan hewan dimuka bumi ini diketahui telah ada, bahkan sebelum manusia diciptakan. sehingga tak heran bila hewan termasuk makhluk paling tua di dunia ini. Bahkan di zaman Nabi banyak juga hewan yang terkait dalam kisah-kisah Nabi, seperti hewan-hewan berikut ini.

Ikan Paus dalam kisah Nabi Yunus. as

Dalam kisahnya, Nabi Yunus. as adalah salah seorang dari Nabi-nabi Ilahi yang pernah mengalami putus asa karena dakwahnya yang terus-menerus, bahkan bertahun tahun itu ditolak oleh warga Ninawa, Iraq. Hingga ia akhirnya naik kapal laut dan dimakan oleh seekor ikan yang bernama ikan Nun (sejenis ikan paus besar). Dengan kekuasaan Ilahi, seekor ikan besar itu membuka mulutnya dan menelan Nabi Yunus.

Ikan Paus BiruSelama 40 hari, Nabi Yunus. as terkurung di perut ikan paus tersebut tanpa dikunyah olehnya. Naum sang Nabi menyadari bahwa ini adalah balasan perbuatan kepada beliau yang melepaskan tugas yang diembannya tanpa seizin Allah. SWT.

Ikan Nun (ikan paus besar) merupakan penghuni lautan terbesar, dan jenis ikan paus yang dikenal sebagai Ikan paus biru mempunyai berat lebih dari 150 ribu kilogram yang memiliki ukuran tubuh dengan panjang 30 meter.

Ukuran ikan paus ini dapat diperkirakan dengan bangunan bertingkat lima, sementara beratnya sama dengan berat 25 sampai 30 ekor gajah, sehingga tak heran bila hewan ini dapat melahap sebuah perahu besar.

Ikan paus menggunakan hidungnya hanya untuk bernafas dan ikan paus melepaskan udara dari dalam paru-parunya dengan menyemburkan air dari lubang yang ada di atas kepalanya tersebut. Karena udara ini mengandung uap air dan suhunya lebih panas daripada udara luar, semburan paus tersebut tampak sebagai air dari kejauhan..

Laba-laba dalam kisah Nabi Muhammad. SAW

Laba-labaPada saat kaum kafir Quraisy melakukan segala upaya untuk mengejar dan menemukan Rasulullah SAW dengan iming-iming 100 ekor unta bagi siapa saja yang berhasil membunuh Rasulullah SAW dalam hijrahnya ke kota Madinah. Muncullah kisah menakjubkan di sebuah gua bukit Tsur.

Ternyata Allah SWT telah mengutus laba-laba kecil untuk hinggap di mulut Gua dan membuat jaring yang sempurna untuk menutupi mulut Gua Tsur tersebut, sehingga seperti sarang laba-laba yang sudah cukup lama dibuat. Jaring laba-laba tersebut berhasil mengelabui para kaum kafir Quraisy untuk tidak memasuki Gua tempat persembunyian Rasulullah SAW.

Dan ternyata, jaring sutra laba-laba dikenal karena kekuatan dan keelastisitasannya, hingga bisa menghentikan sebuah pesawat Boeing 747 mati di udara. Bahkan jaring laba-laba diyakini lebih kuat daripada baja, sehingga menginspirasi para militer Amerika Serikat untuk membuat jaket anti peluru yang dibuat dari pintalan jaring laba-laba.

Sementara itu, laba-laba penenun di daerah tropis diketahui mampu memintal jaring yang melintang melebihi 18 kaki atau sama dengan 5,49 meter.

Semut dalam kisah Nabi Sulaiman. as

Semut
Ketika suatu hari Nabi Sulaiman. as selesai menunaikan shalat di tepi pantai, padangan pandangan beliau tertuju pada pasir-pasir yang ada di pantai tersebut, dimana Nabi Sulaiman. as yang memiliki mukjizat dapat memahami bahasa hewan, melihat kawanan semut yang sedang membawa selembar daun hijau.

Ternyata daun tersebut dibawanya menggunakan jasa seekor katak ke dasar laut untuk memberi makan seekor ulat yang terjepit di sebuah batu.

Semut dikenal memiliki solidaritas dan ukhuwah yang tinggi antar sesamanya, merupakan salah satu spesies serangga tercanggih di muka bumi ini, dan hampir tak ada serangga yang sekuat semut.

Semut juga merupakan hewan dengan otak peling besar proposinya jika dibandingkan dengan keseluruhan tubuhnya dan dikenal sebagai salah satu spesies paling cerdas di antara serangga-serangga lainnya, karena mereka memiliki sekitar 250 ribu sel otak di kepalanya.

Namun sayangnya, untuk semut pekerja hanya mampu bertahan hidup selama 45 hingga 60 hari, jika dibandingkan dengan sang ratu semut yang dapat bertahan hidup hingga 20 tahun.

Burung Hud Hud dalam kisah Nabi Sulaiman. as

Burung Hud Hud
Selain manusia dan jin, Nabi Sulaiman. as juga memiliki pengikut dari kalangan hewan yang shaleh, yang salah satunya ditunjukkan oleh burung hud hud.

Dalam kisah ini, burung hud hud merupakan sejenis burung pelatuk ini digambarkan sebagai burung setia yang mempunyai kecerdasan dan kecemerlangan berpikir, sehingga pengembaraannya dalam mencari makanan tak semata-mata hanya untuk tujuan duniawi, melainkan untuk penyebaran agama.

Burung ini mempunyai panjang 25 hingga 29 sentimeter (cm), dengan lebar sayap 44 hingga 48 sentimeter (cm). Namun ada fakta lain dari burung sejenis pelatuk ini, yaitu burung pelatuk mampu membenturkan paruhnya hingga 20 ketukan setiap detik yang mungkin dibutuhkan kepala yang keras untuk bertahan.

Akan tetapi, faktanya kepala mereka justru terbilang lunak pada bagian belakang kepala yang terdapat bagian seperti spons yang berguna untuk menyerap benturan yang diakibatkan oleh gaya mematuk burung tersebut.

Ular dalam kisah Nabi Musa. as

UlarPada zaman Nabi Musa. as, orang-orang yang tak beriman menuduh Nabi Musa. as sebagai seorang ahli sihir yang handal, hingga suatu ketika Nabi Musa. as melemparkan tongkatnya dan berubah menjadi seekor ular.

Dan aksi itu rupanya juga dilakukan oleh para ahli sihir lain yang merubah tongkat mereka menjadi ular. Namun sebenarnya tidak sama sekali.

Ular dari tongkat ahli sihir sebenarnya tak bertukar menjadi ular yang nyata, melainkan hanya ilusi penglihatan orang-orang yang melihatnya seperti ular.

Akan tetapi, tongkat Nabi Musa. as lah yang sebenarnya berubah nyata menjadi seekor ular. Tak hanya itu, ular dari tongkat Nabi Musa. as itu bahkan menelan ular dari para ahli sihir lain, sehingga menjadikan para ahli sihir itu beriman, karena melihat mukjizat sang Nabi Musa. as.

Sementara itu, faktanya ular mampu hidup selama berbulan-bulan tanpa makan dan dapat terbang dengan membentuk huruf S, serta ular bisa membidik mata manusia dengan tepat.

Selain itu, ular jenis Rattlesnake betina akan memakan anak-anaknya yang dirasa tak mampu bertahan hidup untuk mengembalikan energinya setelah melahirkan tanpa perlu berburu atau melakukan suatu aktifitas berbahaya yang membutuhkan waktu dan tenaga yang besar.

Di dalam sebuah penelitian mendapati induk ular telah memakan sekitar 11% dari telurnya beserta anaknya yang mati.

Unta dalam kisah Nabi Muhammad. SAW

Unta
Pada zaman Rasulullah SAW, unta biasanya digunakan sebagai kendaraan, termasuk sebagai kendaraan perang. Tenaganya yang kuat yang berjalan di tengah gurun pasir menjadi nilai positif dari hewan tersebut.

Meskipun demikian, hewan tersebut tak bisa berlari kencang seperti kuda, kecuali unta yang dimiliki oleh Jabril bin Abdullah tersebut yang setelah didoakan oleh Rasulullah. SAW, unta tersebut dapat berlari secepat kilat.

Kejadian itu bermula ketika Jabril turut berperang dalam membela Islam. Jabril bercerita bahwa dirinya pernah keluar bersama Rasulullah. SAW dalam sebuah peperangan, namun unta yang ditungganginya berjalan lambat sehingga membuatnya terletih sebelum berperang.

Lalu Rasulullah. SAW menghampirinya dan membacakannya doa sehingga dapat berjalan dengan kencang.

Faktanya tubuh unta memiliki beberapa keistimewaan yang memungkinkan unta dapat bertahan hidup berhari-hari tanpa air dan makanan, serta mampu mengangkut beban ratusan kilogram selama berhari-hari.

Uniknya lagi bahwa unta dapat bertahan hidup tanpa makanan dan air selama 8 hari pada suhu 50° Celcius. Unta mampu mengkonsumsi air hingga 30 liter, yaitu sepertiga dari berat badannya dalam waktu kurang dari 10 menit.

Setelah itu, mata unta memiliki 2 lapisan bulu mata yang saling berkait seperti perangkap dan melindungi mata dari badai pasir yang kuat.

Kambing dalam kisah Nabi Ibrahim. as

Kambing Gibas
Dalam kisah ini Nabi Ibrahim. as yang dikatakan memiliki kekuatan sama dengan kekuatan 40 kali dari manusia biasa dengan pisau yang tajam, telah diperintahkan oleh Allah. SWT untuk menyembelih anaknya yakni Nabi Ismail. as, untuk menunjukkan ketaatannya pada perintah Allah. SWT.

Melihat kepatuhan Nabi Ibrahim. as, maka Allah. SWT mengirimkan malaikat Jibril untuk menggantikan posisi Nabi Ismail.as dengan kambing gibas yang gemuk.

Dalam sekejap saja, Nabi Ismail. as pun lolos dari maut karena ternyata yang disembelih adalah kambing gibas tersebut. Kambing diketahui sebagai hewan tertua yang telah ada di muka bumi ini sejak 7000 tahun sebelum masehi.

Hewan ini juga merupakan hewan yang pilih-pilih dalam soal makanan, karena mereka hanya memiliki gigi depan, bawah, dan samping. Uniknya lagi, kambing memiliki mata berbentuk segi empat yang memungkinkan mereka dapat melihat dengan baik dalam gelap.
***

Demikian info unik dan menarik terbaru tentang 7 Hewan unik yang berkaitan dengan kisah-kisah Nabi. Semoga info ini bermanfaat dalam menambah pengetahuan kita.

This Is The Oldest Page

Mohon berkomentar yang sesuai dengan pembahasan artikel. Jangan gunakan link aktif, dilarang promosi/spam gak jelas!
Komentar kamu bakal dimoderasi sebelum diterbitkan.
Emoticon Emoticon