-->

Ritual Teraneh yang dilakukan Para Pemain Sepakbola

Ritual Teraneh yang dilakukan Para Pemain Sepakbola - Sepakbola selalu punya sisi menarik. Pemain, pelatih, bahkan pemilik klub bola punya kepercayaan masing masing soal meraih kemenangan. Salah satunya dengan cara melakoni ritual tertentu. Ritual ritual berikut tentu saja tidak memiliki alasan rasional. Kebanyakan dilakukan karena takhayul.

1) Sergio Goycochea (kencing sebelum adu pinalti di lapangan)

Goycochea adalah legenda River Plate selama era 1980-an. Dia dikenal sebagai kiper dengan kemampuan penyelamatan gemilang, khususnya bila menghadapi tendangan 12 pas.

Apa rahasia penampilan ciamik Goycochea di bawah mistar gawang? Kencing jawabannya. Mantan kiper tim nasional Argentina ini mengaku selalu mengencingi lapangan pertandingan bila akan menghadapi tendangan penalti.

Jika Anda sudah kebelet, Anda terpaksa melakukannya di lapangan, kata dia. Rupanya permainannya bagus karena merasa tenang dan tidak kebelet pipis.

Hanya saja di zaman sekarang, FIFA dan pengelola stadion yang peduli sanitasi agaknya bakal melarang cara nyeleneh Goyocochea.

2) Steven Phillips (botol dan Roger)

Lain ladang lain belalang. Lain kiper, lain lagi kegilaannya. Mantan penjaga gawang penghuni Bristol Rovers Steven Phillips tidak akan bertanding bila botol air mineralnya diganti.

Jika dia sudah mendapat jatah botol di paginya, hingga hari berganti jangan sampai dia minum air dari botol berbeda. Sesederhana itu alasannya menolak dimainkan pelatih? Benar sekali.

Mau botolnya kotor atau agak penyok, pokoknya jangan diganti. Nanti saya kena nasib buruk, ujar Phillips. 

Punggawa klub penghuni divisi Championship Inggris ini juga memiliki ritual aneh lainnya. Jika isi botol khusus hariannya habis, tidak sembarang orang boleh mengisinya. Hanya petugas katering klub bernama Roger Harding yang boleh mengisi.

Phillips kemungkinan besar seorang penderita gangguan obsesif-kompulsif (penderita mudah gugup dan cemas atas hal-hal di luar kebiasaan).

3) David James (tapa bisu)

Daftar kali ini banyak diisi kiper. Rupanya Klub Bristol City kerap mengontrak penjaga gawang dengan ritual aneh-aneh. Salah satunya David James, mantan punggawa Manchester City dan Liverpool.

Kiper ini punya ritual aneh sebelum turun ke lapangan. Dia bakal puasa bicara dengan semua orang. Termasuk pelatih. Seperti kapten Chelsea John Terry, mantan kiper timnas Inggris ini hanya akan memakai satu toilet yang sama.

Plus, dia akan menyempatkan diri meludah di dinding. James mungkin pernah belajar mistik di Jawa dan mengenal konsep tapa bisu.

4) Romeo Anconetani (karena garam adalah segalanya)

Mempercayai suatu ritual adalah hak segala bangsa dan manusia. Itu sebabnya, pemilik klub boleh juga punya kebiasaan aneh seperti itu. Salah satunya adalah Romeo Anconetani.

Mantan Presiden Klub Italia Pisa ini punya selalu punya niatan membantu para pemainnya. Sebelum pertandingan, dia selalu melempar garam ke lapangan. Semakin penting atau bergengsi pertandingan itu, semakin banyak garam yang ditaburkan.

Bahkan, dalam pertandingan melawan seteru berat Pisa, Cesena, Anconetani menggelontorkan 26 kilogram garam ke lapangan. Entah berapa statistik kemenangan Pisa setiap kali si bos menaburi garam ke lapangan. Bisa jadi, Anconetani sebenarnya tidak percaya takhayul melainkan takut ular masuk lapangan.

5) Carlos Bilardo (juara dunia takhayul)

Pelatih Argentina yang satu ini namanya akan selalu harum di dalam negeri. Dia berhasil membawa Tim Tango itu menjuarai Piala Dunia 1986.

Percaya tidak percaya, Bilardo sukses karena melakoni sejumlah ritual sebelum bertanding. Si pelatih ini dikenal sangat percaya takhayul dan punya bermacam-macam ritual.

Sebelum juara dunia, dia melarang pemain makan ayam karena dianggap membawa sial. Pria yang akrab dipanggil el Narigon (hidung besar) ini juga membawa patung Bunda Maria ke setiap pertandingan.

Saat menghadapi babak penyisihan grup Piala Dunia 1986, bus yang membawa tim Argentina mogok. Akibatnya, tim harus naik taksi ke stadion. Lucunya, Argentina malah menang walau datang ke stadion tergopoh-gopoh.

Sejak itu, Bilardo mengganti moda transportasi untuk timnya. Para pemain diharuskan naik taksi sebelum pertandingan di sisa kompetisi.

Di tingkat klub, Bilardo tak kalah mistis. Saat melatih Estudiantes La Plata pada 2003, seorang wanita Brasil mendoakan sukses kepada Bilardo sebelum pertandingan. Hasilnya, Estudiantes La Plata menang 4-1.

Sejak itu, Bilardo meminta ofisial tim mencari wanita yang mendoakan tersebut. Setelah ketemu, Bilardo selalu menelepon wanita itu untuk mendoakannya setiap sebelum pertandingan.

6) John Terry

Kapten Chelsea ini mengaku punya sekitar 50 takhayul. Di antaranya, mendengarkan CD Usher yang sama, memakai tempat kencing yang sama di Stamford Bridge.

Selain kebiasaannya seperti yang sudah disebutkan: selalu buang air di toilet yang sama sebelum bertanding, dia juga selalu duduk di tempat yang sama di bus tim, dan selalu memarkir mobil di tempat yang sama.

Terry juga mengklaim menggunakan pelindung betis (shinpad) yang sama sepanjang kariernya sebelum menggantinya setelah pertandingan Liga Champions pada 2005.

Pelindung betis tersebut membuat saya tampil seperti saat ini," kata Terry.

Bahkan dia rela menunggu jika urinal itu sedang dipakai orang, padahal yang lain kosong," kata Lampard. 

7) Mario Gomez

Hampir serupa dengan Terry, demikian juga Mario Gomez Garcia -ujung tombak klub Bayern Muenchen sekaligus pemain timnas Jerman keturunan Spanyol- selalu memilih toilet yang posisinya paling kiri.

Hmmm .. apa jadinya bila hanya ada 1 toilet di stadion tersebut?

8) Frank Lampard

Gelandang timnas Inggris dan saat ini berada di klub Manchester City memang memiliki kebiasaan berbeda.

Dia selalu memakai sepatu dan pelindung lutut sebelah kanan terlebih dulu dan memakai rute yang sama kala menuju ruang makan sebelum pertandingan. Ketika timnya kalah, Lampard akan membuang sepatu yang tadi dipakainya.

9) Gary Neville

Pemain ini punya banyak ritual. Mulai dari menggunakan ikat pingang yang sama, sepatu yang sama, aftershave juga selama satu musim penuh. Kabarnya, Gary neville berusaha mengurangi ritualnya itu sekarang ini.

10) Pele

Pele (nama lengkap: Edison Arantes do Nasciment), sang legenda dari Brazil yang ternyata juga punya kepercayaan unik.

Dia punya keyakinan, jika ingin terus menunjukkan penampilan terbaik maka harus bermain dengan jersey tim yang sama. Pernah pada suatu ketika dia secara tidak sadar memberikan kaosnya itu ke seorang fans.

Ketika menyadari telah membuat kesalahan, Pele meminta seseorang untuk mancari kaos tersebut. Penampilan Pele sendiri saat itu tidak karuan.

Seminggu kemudian kaos Pele ditemukan dan dia bisa tampil baik lagi. Rupanya, teman Pele yang memberi kaos tersebut tidak mengatakan jika kaos yang diberikannya itu adalah kaos lain. Ada-ada saja.

11) Kaka

Kabarnya, Kaka pemain bola yang selalu memperlihatkan simbol- simbol keyakinannya ke tengah lapangan. Kaka pernah menjahitkan kalimat "God is Faithful" di lidah sepatunya.

Lalu, dalam selebrasi kemenangan 4-1 Brasil atas Argentina di final Piala Konfederasi 2005, ia dan beberapa rekannya memakai baju bertuliskan "Jesus Loves You" dalam berbagai bahasa.

12) Frank Ribery

Frank Ribery adalah simbol paling terkenal saat ini sebagai salah satu legion muslim di lapangan hijau.

Pria Prancis yang menjadi muslim sejak menikah dengan wanita keturunan Maroko itu selalu mengangkat kedua tangannya dan berdoa di tengah lapangan, lalu mengusapkannya ke wajah, sebelum kick off.

13) Gary Lineker

Gary Lineker dikenal sebagai salah satu penyerang paling subur di Timnas Inggris, dan rupanya ia pun melakukan beberapa ritual sebelum turun ke lapangan hijau.

Pemain yang pernah merumput di Barcelona dan Tottenham Hotspur ini tak mau menendang bola ke arah gawang pada waktu pemanasan. Ini ia anggap sebagai salah satu ritual simpan gol.

Selain itu, bila misalnya hingga jeda babak pertama Lineker tak juga mencetak gol, maka ia akan memotong rambutnya seusai pertandingan. Percaya atau tidak, namun melakukan ritual tersebut membuat Lineker mampu meningkatkan permainan lebih baik lagi.

Buktinya, mantan pemain sepakbola yang kini menjadi komentator ini berhasil meraih gelar pemain tersubur kedua dalam sejarah timnas Inggris dengan 48 gol, hanya kalah satu gol dari pemegang rekor Bobby Charlton.

14) Phil Jones

Ini benar-benar lucu dan aneh. Entah apa hubungannya dengan jalannya pertandingan, namun Bek Manchester United Phil Jones memiliki ritual untuk mengenakan kaos kakinya dengan cara sebelah kiri terlebih dulu bila MU main di kandang, dan kanan lebih dulu bila MU berlaga tandang.


Ini mungkin terdengar bodoh. Tapi, tergantung apakah kami bermain kandang atau tandang. Pekan ini, saya akan memakai kaus kaki kanan lebih dahulu, karena Swansea vs MU. Pekan depan, ketika melawan Benfica di Old Trafford, saya akan mengenakan sebelah kiri lebih dahulu,” ujar Jones.

15) Luis Aragones

Spanyol pun memiliki ritual yang unik sebelum bertanding sepak bola. Ini dilakukan oleh sang pelatin tim nasional yang sukses membawa Spanyol sebagai juara Piala Eropa 2008. Pelatih berusia 75 tahun ini percaya bahwa warna kuning akan membawa sial.

Ia bahkan pernah menolak baju tandang warna kuning milik Atletico Madrid kala ia yang duduk sebagai pelatih klub. Selain itu, Aragones pun dikisahkan pernah mengusir Raul Gonzalez dalam sesi latihan timnas Spanyol karena mengenakan baju warna kuning.

Jelang Piala Dunia 2006 di Jerman, Aragones menolak karangan bunga berwarna kuning ketika skuad La Furia Roja tiba di Dortmund.

Namun, ketika Spanyol mengalahkan Rusia di semifinal Piala Eropa 2008 dengan menggunakan kostum kuning, Aragones tidak mempermasalahkannya. Ketika itu Aragones mengatakan kostum Spanyol berwarna emas.

16) Jermain Defoe

Pemain papan atas Timnas Inggris ini rupanya juga percaya tahayul. Buktinya saja, pemain dengan posisi striker ini percaya bahwa ia harus memangkas rambut sebelum mulai bertanding, bila tidak ia akan cedera!

Diungkap oleh Defoe, kebiasaan ini mulai ia lakukan sejak ia bertanding sebagai pesepakbola profesional dan tetap ia lakukan hingga saat ini kala membela klub MLS, Toronto FC.

Ketika ditanya mengenai ritual potong rambutnya, mantan pemain ujung tombak Tottenham Hotspur ini malu-malu menjawab:
“Saya harus memangkas rambut menjadi pendek sebelum pertandingan. Saya harus melakukannya, karena sepertinya saya selalu mengalami cedera jika memiliki rambut yang sedikit panjang.”

Mungkin bila rambutnya terlalu panjang, Defoe jadi tak konsentrasi mengolah bola, dan ribut menata rambutnya.

17) Bobby Moore

Kapten tim nasional Inggris yang menjuarai Piala Dunia 1966 ini tidak pernah memakai celana pendeknya sampai pemain lain memakainya.

Moore percaya, agar bisa tampil oke dalam pertandingan, ia harus memakai celana di kamar ganti paling akhir dibanding pemain lain. Akibatnya ia seringkali dikerjai rekan satu teamnya. Martin Peters misalnya.

Bekas rekan setim Moore, Martin Peters, pernah menjahili Moore. Peters sempat melepas lagi celananya sehingga Moore mengikutinya. Setelah itu, Moore pun sabar menanti Peters mengenakan celananya lagi.

Sesama punggawa Klub West Ham ini sengaja melepas celananya untuk menggoda Moore. Karena percaya takhayul, akhirnya Moore pun ikut melapas celananya kembali. Dan hal ini dilakukan berulang-ulang oleh Martin.

18) Laurent Blanc (pecinta botak)

Ritual dan takhayul aneh berikutnya datang dari Laurent Blanc. Mantan punggawa lini belakang tim nasional Prancis ini gemar menciumi kepala botak sebelum pertandingan.

Faktanya, selama pergelaran Piala Dunia 1998, Blanc selalu menyempatkan diri mencium kepala plontos kiper Fabien Barthez sebelum pertandingan dimulai.

Anehnya, tim Ayam Jantan itu benar-benar menjadi juara dunia. Namun setelah Blanc beralih menjadi pelatih, tidak ada yang tau apakah ritual ini masih dilakukan atau sudah beralih ritual.

Namun jika masih dilakukan, sepertinya Karim Benzema bakal jadi sasaran ciuman pembawa hokinya itu.

19) Iker Casillas

Ada banyak ritual yang dilakukan Casillas, di antaranya mengubah jersey nya dari satu pertandingan ke pertandingan lain jika ia kebobolan. Dia juga kadang memotong lengan jerseynya, menyentuh mistar gawang setiap kali timnya mencetak gol.

Intinya ritual-ritual pengusiran sial itu akan sangat bergantung pada situasi baik atau buruknya sebuah kejadian. Dan biasanya setiap kejadian yang berbeda memiliki ritual yang berbeda pula.

Dalam beberapa hari terakhir Casillas punya ritual khusus, dia mengubah model kaos kaki yang dikenakannya dalam empat tahun terakhir. Casillas biasanya memakai kaos kaki dengan membalik bagian dalamnya untuk ditaruh di bagian luar.

Pembalikan kaos kaki ini ternyata ada asal usulnya, Casillas melakukannya atas saran seorang narapidana penjara gipsi, menyusul kekalahan timnya 2-0 dalam laga El-Clasico yang dimainkan di Camp Nou saat Madrid masih dilatih Juande Ramos.

20) Titus Bonai

Kali ini membahas tentang salah satu pemain sepakbola asal Indonesia, yaitu Titus Bonai. Penyerang timnas Indonesia ini selalu menggoyang-goyangkan jala gawang lawan setiap memperoleh tendangan sudut. Menurutnya, hal ini dimaksudkan supaya gawang lawan terkoyak.

0 Response to "Ritual Teraneh yang dilakukan Para Pemain Sepakbola"

Post a Comment

Mohon berkomentar yang sesuai dengan pembahasan artikel. Jangan gunakan link aktif, dilarang promosi/spam gak jelas!
Komentar kamu bakal dimoderasi sebelum diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel