-->

Tips & Cara Simple Mempromosikan Produk/Barang dari Toko Online (Online Shop) Anda di Internet

Promosi, salah satu aktifitas yang sangat penting dan mempengaruhi bagi para pelaku bisnis online di internet, khususnya bagi para pebisnis yang menjual produk/barang di toko online (online shop) milik mereka dengan tujuan ingin mendapatkan penjualan atas produk-produk mereka tersebut. Selain itu juga ingin mendapatkan pelanggan setia dari toko online mereka, serta mengangkat bisnis mereka menjadi semakin maju dan berkembang secara pesat.

Bisnis online yang dijalankan memang terbilang susah bagi para pemula, apalagi bagi mereka yang tidak terlalu mahir dalam mengoperasikan dan mengakses internet dengan komputer maupun laptop/PC. Hal ini dibutuhkan pembelajaran serta pemahaman agak lama, bergantung pada seberapa rutin dan rajin proses itu dilakukan.

Tips & Cara Simple Mempromosikan Produk/Barang dari Toko Online (Online Shop) Anda di Internet

Tidaklah mudah dalam memulai bisnis online. Untuk melakukan itu sangat diperlukan kesabaran yang lebih dan strategi yang bagus dalam meningkatkan penjualan terhadap barang/produk yang Anda jual, serta meningkatkan omset dari hasil penjualan tersebut yang terus meningkat secara signifikan dari hari ke hari, maupun dari bulan ke bulan berikutnya.

Salah satu cara agar menarik minat para pelanggan di internet ialah dengan cara berpromosi yang tepat dan tertarget, agar orang-orang mau melihat barang/produk yang Anda tawarkan itu. Nah, bagi pebisnis online pemula, pertanyaan yang bakal muncul dari benak mereka adalah bagaimana ya cara mendapatkan pembeli pertama?

Untuk itu, kami akan memberikan informasi singkat yang sekiranya sangat berguna bagi para pemula dalam menjalankan bisnis online mereka di internet. Well, berikut kami sajikan Tips & Cara Simple Mempromosikan Produk/Barang dari Toko Online (Online Shop) Anda di Internet.

1) Beritahu orang terdekat Anda

Untuk memulai usaha di internet, lakukanlah promosi dengan rangkaian kata-kata yang menarik di mata calon pelanggan Anda, dimulai dari orang-orang terdekat Anda seperti keluarga, kerabat, maupun sahabat Anda. Ketika Anda telah menguasai penjualan terhadap produk yang ditawarkan, maka lakukanlah aktifitas promosi ini secara menyeluruh! Artinya promosikan toko online milik Anda di mana saja dan di segala kesempatan yang ada, baik itu secara online maupun offline.

2) Menyebarkan berita via siaran pers.

Pada step ini, silakan cari media untuk membantu Anda dalam menyebarkan berita terkait bisnis yang Anda jalankan saat ini. Buatlah draft press release dan kirimkan ke semua media lokal, seperti koran, majalah, dan radio. Luangkan waktu untuk menulis press release yang baik, usahakan profesional dan jangan terlalu banyak jargon.

3) Bekerjasama dengan blogger profesional.

Cara ini sudah banyak dilakukan oleh para pebisnis online saat ini, dan hasilnya pun cukup menjanjikan dalam meningkatkan penjualan produk Anda di internet. Silakan cari blog atau website yang profesional, lalu hubungi admin pengelola blog tersebut. Lalu, ajaklah kerja sama dalam mempromosikan produk pada toko online Anda tersebut.

Jika mereka setuju, entah itu dengan cara mereview produk yang Anda jual, ataupun dengan cara memasang slot iklan pada blog yang mereka miliki, maka Anda bersiap-siap kedatangan pengunjung untuk melirik produk yang Anda jual tersebut.

Selain itu juga pastikan bahwa mereka (para blogger) bersedia memberikan backlink dari blog mereka ke situs toko online Anda. Dengan begitu, selain cara ini dapat meningkatkan omset dari penjualan produk Anda, juga meningkatkan optimasi SEO pada toko online Anda.

4) Tingkatkan pengunjung dengan metode SEO.

Sampai saat ini, metode optimasi SEO (Search Engine Optimization) ini masih banyak digandrungi oleh para pebisnis online, karena SEO bertujuan agar pembeli lebih mudah menemukan toko online Anda di mesin pencarian di internet, seperti di mesin pencarian Google. Anda bisa menerapkan metode ini dengan cara berbayar (menggunakan jasa SEO) atau dengan cara sendiri (meriset sendiri semua hal terkait pernak-pernik SEO).

Silakan optimalkan kata kunci (keyword) yang relevan dengan toko online Anda, bisa dioptimasi pada bagian deskripsi produk atau pada halaman kategori serta URL pada toko online Anda. Pastikan juga untuk mengisi informasi Meta untuk setiap produk.

5) Aktif berinteraksi di forum.

Interaksi atau berpromosi di forum merupakan salah satu yang sangat jitu dalam meningkatkan penjualan produk Anda di internet. Sambil menunggu pelanggan datang, Anda bisa menemukan mereka terlebih dulu di sana.

Maksudnya adalah Anda kunjungi diskusi forum yang relevan dengan produk yang Anda jual dengan target yang diinginkan, lalu buatlah konten atau artikel semenarik mungkin untuk mempromosikan produk Anda tersebut. Cara ini bakal mengundang interaksi para calon pelanggan Anda untuk menanyakan segala hal terkait produk yang Anda jual.

Sebisa mungkin aktiflah di forum tersebut dan berpartisipasilah dalam percakapan atau berikan solusi untuk masalah menggunakan produkmu.

6) Buat halaman facebook

Halaman facebook (facebook fanspage) sangatlah berpengaruh dalam mempromosikan serta meningkatkan penjualan produk Anda. Step ini juga bakal meningkatkan interaksi para calon pembeli terkait produk Anda itu. Halaman facebook juga bisa mendapatkan pelanggan yang tertarget dan potensial.

Sering-sering membuat posting status terkait produk yang Anda jual dengan kata-kata serta penawaran yang menarik, besar kemungkinannya calon pembeli bakal penasaran terhadap produk yang Anda jual tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari tentang pelanggan potensial dengan mencari profil mereka.

7) Promosi via twitter.

Selain berpromosi di facebook, Anda juga bisa berpromosi di media twitter. Silakan cari followers sebanyak mungkin, lalu postinglah melalui tweet untuk memperkenalkan produk yang Anda jual. Gunakan kata-kata yang sekiranya dapat memikat hati para calon pembeli. Kemudian, bangunlah interaksi yang kuat kepada pelanggan terkait produk yang Anda promosikan di sana.

8) Promosi via youtube.

Youtube juga bisa kamu gunakan untuk media promosi. Berikan topik atau berbagi tren baru dengan membuat video demonstrasi di YouTube. Pastikan buat video yang berkualitas tinggi dan mengandung konten yang bagus.

9. Buat inspirasi di Pinterest

"Pinspire" dengan menciptakan Pinterest boards dengan banyak inspirasi. Atur boards dengan tema yang mudah diikuti dan sesuai. Yang paling penting, pastikan untuk menyertakan link produk di pin agar dapat dilihat pelanggan.

10. Berbagi foto di Instagram

Unggah foto produk dengan tampilan semenarik mungkin di Instagram untuk menarik perhatian pengguna. Selain foto, Instagram juga telah mendukung video, tambahkan video produk yang menarik. Berikan tanggapan atas komentar para follower, ingat follower berpotensi menjadi pelanggan potensial bahkan pelanggan tetap.

11. Buat Blog

Tulis tentang topik yang relevan dengan target pelanggan. Ceritakan tentang produk yang membuat pelanggan suka atau mengajarkan ke mereka tentang sesuatu yang baru. Pastikan untuk memasukan kata kunci di blog untuk meningkatkan SEO produk.

12. Promosi penjualan melalui Sosial Media

Ada banyak sosial media yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan. Misal, tawarkan diskon produk di semua sosial media. Diskon mungkin akan membuat mereka melakukan pembelian.

13. Buat daftar kupon

Orang suka dengan penawaran. Promosikan penjualan dengan membuat daftar kupon. Kirim kupon ke situs-situs seperti RetailMeNot, MyCoupons, dan Reddit. Dengan mempromosikan penawaran, akan meningkatkan visibilitas, volume pelanggan, dan akhirnya berdampak pada penjualan.

14. Buat program referral

Program referral bisa mendorong konsumen untuk mempromosikan produkmu ke teman-teman mereka dengan timbal balik berupa poin atau potongan harga. Referral tampaknya lebih dapat dipercaya karena memungkinkan untuk mendapatkan akses yang lebih baik ke pelanggan potensial.

15. Bangun email pelanggan

E-mail pelanggan penting untuk tujuan pemasaran. Dapatkan email pelanggan dengan promosi atau kontes. Kamu bisa mendapatkan email pelanggan dengan dengan menawarkan kode kupon jika berlangganan.

0 Response to "Tips & Cara Simple Mempromosikan Produk/Barang dari Toko Online (Online Shop) Anda di Internet"

Post a Comment

Mohon berkomentar yang sesuai dengan pembahasan artikel. Jangan gunakan link aktif, dilarang promosi/spam gak jelas!
Komentar kamu bakal dimoderasi sebelum diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel