-->

Desain Modifikasi Motor Keren Terbaik di Dunia

Memodifikasi motor kelihatannya amat mudah, tapi kegiatan ini merupakan sebuah hal yang sangat sulit untuk dikerjakan, karena diperlukan inovasi, ide, dan kreasi yang cemerlang dalam merombak pernak-pernik motor agar tampilan maupun mesinnya menjadi lebih menarik dan optimal.

Dalam memodifikasi motor bukan hanya tampilan yang harus di perhatikan tetapi kenyamanan dan keselamatan berkendara, juga harus menjadi hal yang harus di perhatikan. Ada berbagai macam jenis modifikasi motor tapi itu semua tergantung dari minat dan selera pengguna motor itu sendiri.

Sebagai contoh modifikasi motor untuk balap tentunya berbeda dengan modifikasi motor untuk tampilan sehari-hari tapi banyak motor balap seperti modifikasi motor drag menjadi bahan acuan untuk model modifikasi motor mereka.

Kali ini kami akan memberikan sedikit informasi terkait desain modifikasi motor keren terbaik di Indonesia, yang telah saya rangkum dari berbagai sumber terpercaya dalam hal memodifikasi motor. Berikut ulasan selengkapnya.

Desain Modifikasi Motor Keren Terbaik di Indonesia


1) Yamaha Vixion Bergaya R125 Racing Style

Tampilan Yamaha Vixion yang satu ini tak hanya sporty tapi lebih segar dan beraroma mentereng. Pantas saja tampilannya lebih menarik, sang kreator dari DjCustom mewujudkan Konsep racing style.

Bagian body agar memiliki tampilan sporty dan gagah disematkan replika R125. Agar serasi, dan menambah gagah sekalian bagian tangki di kondom dengan model yang sama menggunakan bahan fiber glas.

Masih tetap pada tampilan body, supaya kesan racing tampil mencolok, buritan belakang oleh sang modifikator ditancapi replika Yamaha M1. Untuk bagian depan juga mendapat tambahan spackbor replika ZX6 menambah tampilan padat.

Tak hanya body, sektor kaki-kaki juga diupgrade dengan part limbah moge menyempurnakan tampilan gagah.

Melengkapi konsep modifikasi sejumlah part variasi pendukung juga disematkan dan sebagai penutup livery garis-garis mentereng menyempurnakan modifikasi Yamaha Vixion karya DjCustom.

Spesifikasi:
  • Fairing dan Cover tangki R125
  • Body belakang: M1
  • Spackbor depan : ZX6
  • Sok depan : Suzuki GSX 1000
  • Arm : Suzuki GSX 1000
  • Velg depan : Kawasaki ZX10
  • Velg belakang : ZX6
  • Ban Depan : Bridgestone 58W
  • Ban belakang : Bridgestone 75W
  • Kaliper : Tokico
  • Spion : Ride It
  • Stering Dumper : NUI
  • Gas spontan : YZF-R125
  • Headlamp : LED EZE
  • Master rem dan kopling hodrolik : KTC
  • frame Slinder : Black Diamond
  • Footstep underbone: NUI
  • Footstep belakang : Ninja 250
  • Speedometer : KOSO RX 2N

2) Green Lightning Minimalis NVL 2013 Bumi Bung Karno

Modifikasi Yamaha New Vixion lansiran 2013 ini tampil segar dengan balutan green dan bergaya street fighter. Kesan motor naked sport Yamaha juga dipertegas dengan penyematan half fairing bergaya Z250.

Kesan si elegan juga mewarnai beberapa bagian part yang bernuansa gold, bagian upside dwon (USD) dan underbond.

Untuk aktualisasi, motor modifikasi dari kota Bumi Bung Karno ini juga gabung dalam Komunitas Nvl Club Blitar (NCB). Sedangkan untuk rumah modifikasi yang membantu mewujudkan juga bengkel di kota tersebut, Lam Hong.

Perubahan lain yang mendukung tampilan modifikasi minimalis motor ini juga cukup banyak bisa disimak spesifikasinya berikut:
  • Half Fairing Abs Design Z250
  • Sayap Depan Abs Design R250
  • Bodi Belakang Abs Design R15
  • Knalpot NOBI 3Bold
  • Footstep Underbone Depan NUI Racing Project Gold
  • Footstep Belakang Modish Gold
  • Rantai TDR Racing Gold
  • Handle RIZOMA Titans
  • Stang RIZOMA Drag Black Diamond
  • Handgrip RIZOMA Titans
  • Spion RIZOMA arrow
  • Tutup Radiator Lamp 3d
  • Bottom Shock RIDE IT Gold Series
  • Disc Brake YOSHIMURA Gold
  • Lamp Kolong 3d
  • Ban Belakang CORSA 150/60-17
  • Ban Depan CORSA 120/60-17
  • Cutting Sticker Design Art 87 Hijau

3) New Vixion Mothai Style

Modifikasi Yamaha Vixion ini merupakan bentuk ungkapan kasih sayang kepada pacar karena bagi pemilik, Kurniawano Harry P kasih sayang tak hanya diungkapkan dengan kata-kata. Harry rela merogoh kocek lebih untuk merombak motor kesayangannya menjadi bergaya Mothai Style.

Yamaha Vixion yang satu ini memiliki basic naked dan berkesan gagah itu pun kini menjadi motor modifikasi berkhas Thailand dengan bertabur aksesoris.

Untuk balutan body, Hyperspeed menggunakan warna asli bawaan pabrik lalu memainkan cutting stiker bertema Thailand.

Sementara untuk kaki-kaki khususnya bagian depan, sang modifikator dari hyperspeed lebih mempercayakan sok orisinil untuk menampung aksesoris di bagian kaki-kaki depannya.

Kemudian pada tenaga pendorong alias mesin masih sangat standard dan untuk memaksimalkan kinerjanya, bagian filter memakai K&N dan dipadu dengan CDI Juken.

4) Moge YZF-R6 Sporty

Untuk menambah tampilan sporty dan gahar Yamaha YZF-R6, sang pemilik Daivan menyematkan sejumlah part. Meski perubahan tidak terlalu banyak namun motor lansiran 2012 ini tampil semakin menarik.

Meski bagian body masih standard namun sejumlah part yang disematkan membuat tampilan moge modifikasi ini semakin sporty elegant. Posisi kaki-kaki yang padat menambah kesan sporty Yamaha YZF-R6, kemudian bagian depan dengan double dics membuat tampilannya semakin padat dan gagah.

Bagian pembuangan gas disematkan knalpot Two Brothers Racing Titanium, yang selain untuk tampilan sporty juga untuk mendapatkan raungan yang lebih gahar.

5) Yamaha Vixion 2011 Berbaju YZF-R125 Eropa

Yamaha Vixion lansiran 2011 oleh sang pemilik, Ahmad Syaefudin dimodifikasi berkonsep sporty, mengusung tampilan motor full fairing versi Eropa, YZF-R125. Untuk mewujudkan motor yang diidamkan, bengkel Modifmania Body Custom (MBC) jadi tempat perwujudannya.

Bengkel kota Depok yang spesialis membuat fairing replika motor sport berbahan fiber khususnya body YZF-R125 untuk Vixion. Melalui baju replika karya MBC tersebut, motor tampil jadi semakin gagah sporty.

Selain bagian body, perubahan yang lainnya juga dilakukan untuk motor yang berbasic naked ini. Perubahan tersebut meliputi upgrade kaki-kaki dan juga penyematan variasi lainnya.

Tak salah jika biaya modifikasinya saja mencapai harga setengah motornya, yakni Rp 10 jutaan lebih. Kemudian mengenai detail part dan perubahannya bisa disimak dibawah ini.

Spesifikasi:
  • Body replika R125 by MBC/AIM (depok-jabar)- Swing arm custom R125 by MBC/AIM
  • Headlamp proji fullset 2 AIS
  • Segitiga + Stang Ninja RR cat Doff + Jalu Original KTC
  • UDB Yoshimura
  • Koso RX1 Full
  • Spion Koso original motif carbon
  • Cutting sticker by Moeroep
  • Klakson Hella kiri + kanan original
  • Velg Axio Palang Ninja 250 RDB Hitam Doff
  • Knalpot custom model Akraprovic Full Carbon anti panas
  • Ban depan ukuran 110/90 IRC
  • Ban belakang ukuran 130/70 FDR Sport
  • Cakram depan PSM Original
  • Cakram belakang PSM original
  • Handgrip original Honda
  • Accu original Honda
  • Lampu sein depan belakang original New Vixion

6) New Vixion 2013 Street Fighter Z250

Tampilan motor naked Yamaha New Vixion ini diubah jadi semakin menarik dan memiliki aura gahar. Melului fairing custom bergaya Z250 dan balutan cutting sticker motor lansiran 2013 tampil beda jadi icon komunitas.

Untuk mendapatkan tampilan seperti ini, motor milik David Hans oleh rumah modifikasi kota Tinutuan, Alfa Motor Manado penyematan beberpa part, baik custom maupun variasi.

Pada body New Vixion atau yang biasa lebih mudah disingkat NVL, dipasang fairing dicustom bergaya Z250 ditambahkan bagian tangki dengan kondom sehingga menambah kesan gagah. Agar kesan street fighter yang di usung semakin tampak, buritan belakang dipola dengan gaya meruncing.

Bagian kaki-kaki juga dirombak, Swing arm diganti, RD Racing untuk mengapit velg Axio 4,5 inci yang dibalut ban Michellin Pilot Street 140/70-70. Pada roda depan juga menggunakan velg Axio namun dengan ukuran yang lebih kecil, yakni 3 inci dengan balutan karet Michellin Pilot Street 110/70-17.

Selain penyematan pada body dan kaki-kaki, agar konsep modifikasi Yamaha Vixion ini mendapatkan hasil maksimal, beberapa part variasi lainya juga disematkan.

7) Inspirasi Cutting Minimalis Honda CB150R

Berikut modifikasi Honda CB150R minimalis namun secara tampilan cukup menarik dan bisa dijadikan inspirasi. Khususnya untuk bagian kombinasi dan pemasangan cutting sticker.

Dengan tetap mempertahankan konsep street fighter bawaan pabrikan, melalui sedikit perubahan part khususnya pada bagian kaki-kaki, membuat tampilan motor jadi semakin menarik.

Mengenai pengerjaan, motor milik Firman Arsyad ini dimodifikasi secara berkala menyesuaikan dengan kondisi keuangan. Sedangkan untuk biaya perubahannya sendiri menghabiskan kurang lebih Rp 2.498.000 rupiah.

Spesifikasi:
  • Sticker body & frame (pasang sendiri)
  • Stiker HRC, Michelin & One heart
  • Jalu stang KTC 
  • Velg Chemco 2.5" & 3.5"
  • Ban FDR Sport XR 90/80 & 130/70
  • Spakbor kolong Byson

8) Perpaduan R15 V1.0 dan Limbah R6 Pada New Vixion

Modifikasi Yamaha New Vixion yang satu ini tampil sport elegant setelah mendapat sentuhan beberapa part dari tangan kreatif Deni Locomotif. Sang modifikator yang membuka bengkelnya di Jalan Raya Bogor KM 37, Setu Jatijajar, memadukan part dari motor diatasnya.

Bagian body mengusung tampilan sport Yamaha R15 V1.0 yang pasaran di India yang dibalut dengan perpaduan hitam dan merah marun, memperkuat kesan elegan modifikasi Yamaha Vixion yang satu ini.

Sedangkan untuk bagian kaki-kaki, bengkel yang memang spesialis limbah moge ini menyematkan part ala moge YZF-R6, menjadikan tampilan motor semakin gagah dan padat, meski bagian buritan belakang dibiarkan standard bawaan pabrikan. Sejumlah part pendukung tampilan elegant juga terlihat di bagian stang dan footstep.

9) Norton Dominator 2015

Semenjak kemunculan Norton Domiracer, yang pada tahun 2013 lalu masih berstatus sebagai motor prototipe dan hanya bisa dipacu di lintasan balap.

Hingga kini akhirnya Norton melahirkan generasi dari ksatria cafe racer sejati bernama Dominator. Ia hadir dalam dua varian yakni standar dan limited-edition SS.

Pihak Norton mengungkapkan bahwa Dominator bukan produk replika dari sang Domiracer, melainkan dibuat masih dalam kadar otentik yang sejenis dengan versi track only-nya ini. Meskipun sedarah, namun dua varian Dominator sudah mengantongi lisensi road-legal dan juga telah lolos uji emisi berstandar Euro3.

Norton Dominator mengusung mesin 981cc, berpendingin udara, parallel-twin yang mengacu pada mesin yang digunakan generasi Norton Commando 961. Perbedaannya terletak pada struktur rangka Dominator yang dibuat secara khusus. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 80 hp.

Kedua varian Dominator sudah dibekali dengan suspensi handal dari produk Ohlins. Untuk perangkat pengereman menggunakan kaliper dengan blok tunggal dari Brembo. Beberapa komponen seperti bodi buritan dan fendernya tersusun dari bahan serat karbon.

Pabrikan yang bermarkas di Inggris ini membanderol Norton Dominator (standar) pada nominal £19.950 atau setara Rp 395 jutaan, sedangkan untuk Dominator SS dihargai £24.000 yang setara Rp 475 jutaan. Untuk varian SS, Norton hanya memproduksi 50 unit saja.

10) Kawasaki Z1000

Tampilan yang gagah dan gahar dirasa kurang jika belum memiliki raungan bengis untuk sebuah moge. Seperti pada Kawasaki Z1000 milik Daivan yang disemati dengan knalpot Yoshimura Alumunium Black Edition.

Alhasil suara yang dikeluarkan dengan mesin kapasitas 1043cc Kawasaki Z1000 lansiran 2014 jadi sangat fantastis. Untuk lebih jelasnya bisa disimak dalam video berikut.



11) Yard Built Yamaha V-Max 'Infrared' Karya JvB-Moto

Sebelum Yamaha meluncurkan edisi spesial moge cruiser-nya di tahun 2015 ini - V-Max edisi ulang tahun ke-30 - ternyata pabrikan sudah mempersiapkan sosok pengisi Yard Built.

Benar, etalase khusus yang disediakan oleh pabrikan Yamaha untuk menampilkan karya-karya atas motor Yamaha dari para builder dunia. Kali ini Yamaha menggandeng builder ternama dari German yakni JvB-Moto.

Karya V-Max yang digarap oleh JvB-Moto diberi nama 'Infrared' - sebuah nama untuk menggambarkan konsep yang ia usung di karyanya kali ini. Sebuah konsep yang menggabungkan antara sosok radical dragster dengan gaya cafe racer.

Rombakan yang dilakukan oleh JvB-Moto meliputi pembuatan mudguard bawah dari bahan aluminium, headlight kustom -wheel covers- cover tangki dari bahan carbon fiber, kustom di sektor airbox dan air intake scoops.

Sektor subframe juga mengalami penyesuaian dengan membuatkan  struktur baru dari bahan batang aluminium. Untuk sistem knalpot dimodifikasi dengan jalur 4-into-1 dengan mengusung muffler dari Termignoni. Terakhir, finishing pada urusan pengecatan memilih warna dan livery dari Yamaha MotoGP tahun 1985, merah-hitam.

12) New Jack Katana ICON 1000

Sosok Suzuki Katana bagi pecinta moge sport jelas tidak asing lagi. Belum lagi kabar terhangat menyebutkan bahwa pabrikan Suzuki berencana untuk menghidupkannya kembali untuk melawan panasnya persaingan pasar superbike kini.

Namun atas kreatifitas ICON 1000 yang juga merupakan produsen penyedia apparel khusus dunia motor, belum lama ini mencoba untuk 'menghidupkannya kembali dalam wujud New Black.

Benar, kustom Suzuki Katana lansiran 1982 yang dikerjakan oleh ICON ini diberi nama New Jack. Sebenarnya nama yang disematkan pada Katana kustom ini representasi dari kantor pusat ICON yang berbasis di Portland.

New Jack Suzuki Katana ini mendapatkan transplantasi 'jantung mesin' dari saudara mudanya yakni Suzuki Bandit yang menggendong mesin 1200cc. Gaya khas Katana yang identik dengan batok lampu persegi panjang dan fairing yang terbilang kecil tetap dipertahankan.

Untuk membuatnya 'nyaman' menggendong mesin bongsor, builder sengaja menambahkan rangka khusus untuk mengekspos kekarnya mesin Bandit, di samping juga untuk memperkokoh struktur rangka bawaannya.

Sektor kaki-kaki juga tidak lepas dari peremajaan, swingarm modern lengkap dengan double monoshock, fork depan up side-down, velg balok palang lima lengkap dengan balutan ban gambot membuat tampilannya semakin gahar.

13) Yamaha YZF-R6 2002

Paolo Tesio seorang builder dunia yang sudah banyak menghasilkan karya motor modifikasi berkelas. Salah satu karya populernya yakni Yamaha YZF-R6 lansiran 2002 yang diubahnya menjadi lebih beringas.

Sosok R6 yang dari pabrikan sudah berwujud garang dan sporty, ditangannya berubah menjadi wujud yang lebih beringas dan radikal. Keberingasan tunggangan ini terlihat dari detail kustom yang memang berbeda dengan yang lainnya.

Penyesuaian bentuk buritan baru ini berimbas pada penyusunan ulang konstruksi subframe-nya. Setelah itu Paolo membuatkan bentuk jadi buritan dari kayu pahatan.

Kayu dengan potongan dan lekukan yang sporty ini dilapisi lagi dengan fiberglass dan resin, alhasil nampak padat, padahal kebanyakan kasus lainnya sektor buritan kustom fiberglass ini memiliki ruang berongga.

Fork berjenis up-side down copotan Yamaha YZF-R1 tahun 2000 dikanibalkan di R6 ini. Selain itu sebuah monoshock WP dan steering damper Matris juga menjadi part kanibalan selanjutnya. Untuk urusan jantung pacu, filter udara berspek racing dan knalpot kustom berbahan titanium juga dipercaya untuk mendongkrak tenaganya.

Cowl depan mencomot R6 lansiran 2006 yang dikustom ulang, tangki tetap mempertahankan bawaan R6 2002. Sedang shroud atau panel samping mendapat coakan dan shape baru untuk lebih mempertegas karakter pembeda yang diinginkan oleh Paolo.

14) Modifikasi Motor ala Odong-odong Lampu

Bosozoku, mungkin sebagian dari Anda sudah mengenal tentang istilah yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang ini. Sebuah istilah yang menggambarkan kebiasaan bahkan kebudayaan 'ekstrem' para generasi muda yang erat kaitannya dengan dunia otomotif di sana.

Trend modifikasi motor (khususnya) yang unik namun terkadang memang tidak ada batasannya sama sekali, bisa dibilang modifikasi sebebas-bebasnya.

Berkaitan dengan fenomena di atas, di Jepang saat ini sedang trend dengan modifikasi motor ala odong-odong lampu. Maksudnya, mereka menghiasi tiap sudut, tiap kolong, tiap komponen dengan aksen lampu LED.

Hal ini terlihat dari sekelompok Bosozoku yang mengendarai trike atau moge beroda tiga (satu di depan, dua di belakang). Sangat unik, meriah bahkan tidak jarang lantaran terlalu banyaknya lampu LED yang terpasang - wujud motornya sendiri sulit untuk dikenali.

15) Honda CBR600RR

Daivan memang memiliki hoby yang beda dengan kebanyakan para pemilik roda dua lainnya, yang lebih sering menggunakan motornya untuk riding harian ataupun touring. Tak salah jika mulai 2009 sampai sekarang angka di speedometer Honda CBR600RR modifikasi hanya 700 kilo meter lebih sedikit.

Agar moge lebih sedap dipandang sang pemilik moge yang dibandrol dengan harga Rp 158 juta ini juga menyematkan beberapa part sehingga tampilannya jadi lebih gahar dan gagah. Selain itu didukung dengan balutan bawaan pabrikan yang memang sudah beraura bengis.

Detail Part Upgrade Tampilan Honda CBR600RR

Masih kurang puas dengan tampilan standard moge Honda CBR600RR, akhirnya sang pemilik Daivan mempercantik dengan sejumlah part. Alhasil moge yang berkapasitas mesin 600cc ini jadi lebih sangar.

Tak hanya semakin sporty kesan gahar dan gagah juga semakin kuat dengan sejumlah upgrade di beberapa bagian khususnya kaki-kaki. Selain itu didukung dengan balutan bawaan pabrikan yang memang sudah beraura bengis, kombinasi hitam dan merah marun.

Berikut spesifikasi dan part detail yang disematkan pada moge modifikasi, Honda CBR600RR lansiran 2009 yang dibandrol dengan harga Rp 158 juta itu.


1) Spesifikasi Umum
  • Mesin 600cc 4silinder in line, Dual Stage Fuel Injection System (PGM-DSFI) features two injectors per cylinder 
  • Cat Original, Perawatan Cat by : FASTWAX 
  • IMMOBILIZER, H.I.S.S ( HONDA INTEGRATED SECURITY SYSTEM )
  • Euro spec ( NON LIMITER )
  • PASS LIGHT / HAZARD LAMP
  • Honda Multi Action System (HMAS)
  • Honda Electronic Steering Damper (HESD) for optimum steering effort and stability
  • Lightweight magnesium head cover
  • Neodium magnet ACG
  • Idle-Air Control Valve (IACV)
  • Lighter aluminum steering stem
  • Resonance knock sensor maintains optimum spark advance
  • Auto-enriching system is integrated into programmed fuel injection (PGM-FI) module, eliminating the need for a manual choke
  • Maintenance-free automatic cam-chain tensioner
  • Unit Pro-Link™ rear suspension and swingarm design inspired by RC211V
  • Cartridge fork with spring preload, rebound and compression damping adjustability

2) Kaki-Kaki
  • Lighter aluminum steering stem
  • Swingarm Spool (Jalu padock) RIZOMA
  • Velg depan belakang (Wheels) Super light, aluminum alloy hollow spoke feature
  • Ban depan - belakang Dunlop Sportmax Qualifier ( depan 120/70 - blakang 180/55 ) 
  • Cap nipple (Tutup pentil ) CNC RED EVOTECH
  • Brake pad SBS racing depan-blakang
  • Radial mounted front brakes
  • DID Chain

3) Peforma
  • Iridium-tip spark plugs improve fuel combustion and performance
  • Filter oli Baru K&N
  • Oil brake BREMBO RED dot4
  • OLI BARU pake MOTUL 300V (10W-40)
  • Knalpot EXHAUST Two Brothers USA Racing Full Black Series

4) Variasi dan Part Pendukung
  • Center-up exhaust system
  • Extra fan otomatis
  • Lampu depan Philips putih
  • Lampu senja LED OEM putih
  • Lampu Plat No LED OEM putih
  • Fluid tank front-rear Brembo
  • Fluid Reservoir Bracket CNC RED EVOTECH
  • Bolt ring CNC RED EVOTECH
  • Bar end (Jalu Stang) CNC Black EVOTECH
  • Mirror (kaca spion) CNC Black NITEX
  • Tankpad Black OEM

So, Anda mau pilih yang mana dari motor-motor di atas?

0 Response to "Desain Modifikasi Motor Keren Terbaik di Dunia"

Post a Comment

Mohon berkomentar yang sesuai dengan pembahasan artikel. Jangan gunakan link aktif, dilarang promosi/spam gak jelas!
Komentar kamu bakal dimoderasi sebelum diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel