-->

Benarkah Jualan Online Harus Bisa Menulis?

Benarkah jualan online harus bisa menulis? Kalau saya pribadi akan menjawab iya benar. Secara simpel kalau kita jualan offline ada dua modal yang harus bisa kita kuasai.
  • Harus pintar mengolah kata secara lisan
  • Harus mempunyai bahan penawaran yang menarik (brosur salah satunya)

Kalau jualan online kita butuh modal untuk mendukung jualan kita
  • Harus pintar mengolah kata secara tulisan, kemudian
  • Harus mempunyai bahan penawaran yang menarik (desain salah satu contohnya)

Saya akan fokuskan pada jualan online harus bisa mengolah tulisan. Kenapa begitu? Sudah jelas fungsi dari adanya fitur deskripsi pada kolom tiap produk, ya tujuannya adalah untuk kita menuliskan secara detail mengenai produk tersebut.

Semakin kita kreatif cara menuliskan deskripsi produk sudah pasti akan menarik minat pembaca dan akhirnya menimbulkan kredibilitas tersendiri bagi penjual. Karena pembeli akan mempercayai bahwa itu adalah tulisan yang dibuat oleh penjualnya langsung, bukan tulisan hasil dari copy paste.

Pebisnis online harus mempunyai wawasan yang luas untuk mendapatkan bahan dalam melakukan penulisan.

Sedikit saya tahu pemahaman tentang ilmu marketing online ini ketika seringnya mengikuti salah satu seminar di kampus saya yang menjelaskan bahwa ada banyak “kata-kata manis” yang di tebar oleh penjual online di internet ya tujuannya adalah untuk menarik minat pembaca itu tadi. Terkadang ada sebuah artikel yang sebenarnya mempunyai value yang cukup besar namun karena penulisannya yang masih kurang. Maka tidak akan mudah menarik minat dari pembaca.

Terus apa yang bisa kita lakukan?


Perkaya konten diri sendiri dengan cara sering membaca. Jutaan konten yang ada di internet ini adalah ladang ilmu yang bisa kita gali manfaatnya. Setelah memperkaya pengetahuan dengan membaca lalu praktikkanlah untuk menulis. Bagaimana kita hanya tahu sebatas teori penulisan yang baik jika kita tidak pernah mau menulis atau mempraktikkannya secara langsung? Siapa yang akan bisa memberi masukkan ke kita? Jelas tidak ada kan.

Oke, kita akan coba untuk mencari pengetahuan dan menuliskannya, tapi bisa dimulai dari mana?


Mulailah dari sini, iya dari sini. Jawabannya adalah forum diskusi komunitas bukalapak ini. Sebenarnya banyak om dan tante yang bisa dilakukan. Seperti dengan mencari bahan di sebuah situs-situs bisnis yang ada di luaran sana lalu dikembangkan dan di sadur dengan bahasa sendiri kemudian di posting pada blog pribadi maupun di posting di sebuah forum.

Nah inilah keunikan dari sebuah forum. Menurut saya adanya forum akan membantu kita belajar menulis, karena bahasa yang ada di dalamnya tidak seformal ketika kita memiliki sebuah portal.

Yuk…mulai dari sekarang belajar merangkai kalimat untuk meningkatkan penjualan dengan kualitas tulisan.

Selamat mencoba juragan smile

0 Response to "Benarkah Jualan Online Harus Bisa Menulis?"

Post a Comment

Mohon berkomentar yang sesuai dengan pembahasan artikel. Jangan gunakan link aktif, dilarang promosi/spam gak jelas!
Komentar kamu bakal dimoderasi sebelum diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel