-->

Gadis Cilik Ini Adalah Pemain Expert Catur Termuda di Dunia

Hanya tiga tahun semenjak pertama kali mengenal permainan Catur, Carissa Yip, 9 tahun, telah mencatat kemampuan bermain yang lebih baik daripada 93% pemain Catur yang terdaftar di Federasi Catur Amerika yakni sebanyak 51 ribu dan dia termasuk 2% dari pemain catur wanita terbaik.
Rangkingnya melesat cepat sehingga dia mencapai tingkat Expert pada usia yang sangat muda dibanding dengan siapapun semenjak federasi catur mulai mencatat rekor secara elektronik sejak 1991.
Carissa, siswi yang baru akan naik kelas 5 di McCarthy Middle School, memulai bermain dalam kompetisi pada MetroWest Chess Club dan Wachusett Chess Club, dan menjadi pemenang di Wachusett Chess Club. Musim semi lalu dia bertanding di pertandingan internasional di Slovenia dan di Desember dia bermain di World Youth Championships di Uni Emirat Arab. Carissa malu-malu ketika ditanyakan tentang prestasinya ini dan mengatakan dia tidak terlalu memikirkannya.

"Saya rasa peringkat bukanlah masalah", Ujar Carissa.

Dia kemudian mendemonstrasikan kemampuannya dengan bermain Catur Buta [Permainan catur yang dimainkan oleh pemain tanpa melihat buah catur atau papan catur]. Dia menyebutkan semua langkahnya kepada ayahnya dan mengingat semua langkah di sepanjang permainan.
Sebagai pemain catur cilik dia mempunyai cara yang unik untuk mengintimidasi lawan karena posturnya sendiri yang hanya setinggi 157 cm.

Rekor Master Catur termuda di Amerika dipegang oleh Irina Krush, Juara 5 kali Amerika yang menjadi Master di usia 12 tahun. Jika Carissa yang berumur 9 tahun mampu menjadi Master sebelum 12 tahun maka rekor ini akan terpatahkan.

0 Response to "Gadis Cilik Ini Adalah Pemain Expert Catur Termuda di Dunia"

Post a Comment

Mohon berkomentar yang sesuai dengan pembahasan artikel. Jangan gunakan link aktif, dilarang promosi/spam gak jelas!
Komentar kamu bakal dimoderasi sebelum diterbitkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel